100 KUMKM Ikuti Gelar Inovasi Produk

HELARAN West Java Festival (WJF) 2019 yang digelar 1-3 November 2019 di Lapangan Gasibu, Gedung Sate, seputaran Jalan menuju Gedung Sate   sukses digelar dan menjadi salah satu event bergengsi di Jawa Barat karena melibatkan berbagai kalangan, bahkan turut mengundang provinsi lain di Indonesia untuk terlibat dalam kegiatan yang menampilan berbagai pertunjukan seni, pameran produk unggulan dan komoditi Jawa Barat serta pawai atau karnaval budaya yang mampu menyedot banyak pengunjung.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, salah satunya perangkat daerah yang turut andil dalam West Java Festival melalui Kegiatan Gelar Produk Inovasi dengan menggelar Pameran dan Bazaar Produk Unggulan koperasi dan UMKM Jawa Barat yang diikuti 100 peserta pelaku koperasi dan UMKM kabupaten/ kota se Jawa Barat. Selain itu, pada karnaval budaya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat ikut berpartisipasi aktif dengan menampilkan Legenda Ratu Pantai Selatan  Nyai Loro Kidul.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji, keterlibatan Dinas KUK Provinsi Jawa Barat dalam West Java Festival (WJF) 2019 sebagai bagian dalam mempromosikan berbagai produk unggulan Jawa Barat khususnya produk koperasi dan UMKM.

“Pada WJF 2019 ini kita ikut berpartisipasi aktif dengan  Gelar Produk Inovasi Dinas KUK Provinsi Jawa Barat yang menampilkan 100 peserta Koperasi dan UMKM dari 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat. Ajang ini sebagai ajang promosi produk pelaku KUMKM dan tes pasar bagi produk-produk unggulan UMKM,” paparnya.

Kusmana melihat Gelar Produk Inovasi KUMKM pada event WJF ini sangat tepat. Beliau melihat, event WJF yang digelar  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dengan mengedapankan sajian berbasis kebudayaan, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya di Jabar.  WJF tahun ini juga ada keunikan karena mengangkat tema kebudayaan yang menjadi kekuatan pariwisata sehingga banyak pengunjung yang hadir dalam kegiatan ini.

Gelar Produk Inovasi Dinas KUK Jawa Barat menampilkan berbagai produk KUMKM mulai fashion, makanan dan minuman, kerajinan. Ratusan produk KUMKM tampil pada gelaran ini. Selain itu pula, sejumlah stand diburu masyarakat karena menyediakan berbagai produk makanan khas yang bisa dinikmati dengan gratis. Salah satunya, booth Pusat Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Puskopti) Provinsi Jawa Barat. Produk tahu Sumedang menjadi ciri khas yang banyak diburu masyarakat dengan program menikmati tahu Sumedang Gratis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan