Wujudkan Lingkungan Hidup Sehat, DLH Gelar Jambore Bank Sampah

Selain itu kata Asep, Jambore bank sampah dimaksudkan sebagai penguatan kebijakan pengembangan  bank sampah melalui sertifikasi dan registrasi bank sampah yang berada di wilayah Kabupaten Banding. “Hari ini sudah kita siapkan untuk 280 bank sampah, yang terbagi untuk bank sampah unit desa, unit partisipasi masyarakat juga bank sampah unit sekolah,” ujarnya.

Jambore juga tambahnya, ditujukan agar menumbuhkembangkan pengelolaan sampah sejak dari sumber, disertai dengan penguatan kapasitas bank sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah.

“Pada jambore hari ini, Pemkab memberikan berbagai stimulan untuk penguatan kinerja para pegiat LH berbasis masyarakat. Sebanyak  124 unit gerobak sampah untuk bank sampah yang berada di lokasi kegiatan rintisan rw zero waste, 37 unit motor roda tiga untuk kelompok masyarakat pengelola sampah, juga 35 unit seperangkat komputer untuk bank sampah. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” terang Asep Kusumah.

Dia menyebutkan, komposisi sampah plastik di Kabupaten Bandung, berdasarkan  kajian rencana induk persampahan adalah 16%, atau sekitar 230 ton per hari, dari  1.440 ton per hari total timbunan sampah Kabupaten Bandung. Menurutnya,  hal tersebut dapat dikurangi, apabila setiap rumah tangga memilah sampah organik dan sampah non organik . untuk sampah non organik dapat langsung dibuang ke bank sampah.

“Makanya, kita terus upayakan pengelolaan LH disemua lapisan, baik skala rumah tangga, bank sampah yang dikelola oleh desa yang saat ini berjumlah 280, bank sampah di lingkungan masyarakat dan sekolah, pengelolaan bank sampah tingkat RW, pelibatan Karang Taruna juga para pegiat lingkungan lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir pada Jambore LH tersebut, FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Bandung, Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS), PKK , para kepala desa rintisan 62 RW zero waste, berbagai komunitas pegiat lingkungan se Kabupaten Bandung, para pengusahan seperti Borma, alfa, indomart serta  6 perusahaan pengelolaan sampah daur ulang. (adv/yul).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan