Wujudkan Budaya Literasi Keluarga

kepala_DISPUSIPDA
Dr. Ir. H. M. Taufik Budi Santoso, M.Soc, Sc
Kepala Dispusipda Jawa Barat

BANDUNG – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan aktualisasi literasi keluarga di Gedung Sate, Kamis (1/7) dalam rangka membangun keluarga literat melalui pemberdayaan perpustakaan keluarga. Kegiatan dihadiri para kepala Dispusipda kabupaten/kota se-Jawa Barat dan sejumlah pegiat perpustakaan.

Dalam kegiatan tersebut digelar workshop, penyerahan penghargaan kepada para juara lomba, penyerahan stimulan buku dan rak buku secara simbolis kepada Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Serta penandatanganan naskah kerja sama dengan Universitas Nusantara (Uninus) dan Bank Indonesia (BI) dan pameran literasi.

Dispusipda Jabar, Uninus, dan Bank Indonesia
KERJA SAMA LITERASI: Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Dispusipda Jabar, Uninus, dan Bank Indonesia di Gedung Sate, Kamis (12/7).

Terdapat empat topik penyajian materi dalam kegiatan workshop. Topik pertama tentang kiprah bunda literasi dalam mewujudkan masyarakat literet di Kabupaten Pangandaran dengan narasumber Bunda Literasi Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlela Jeje Wiradinata. Topik kedua perpustakaan keluarga menjamin hak-hak anak untuk menjadi masyarakat literet dengan narasumber Pembina Dewan Perpustakaan Jabar Hj. Nenny Kencanawati.

Topik ketiga mewujudkan PAUD sebagai wahana literasi pada anak dengan narasumber Cenita Meiliani, pemenang juara lomba bercerita bagi pengelola PAUD tahun 2016 dari Kota Sukabumi. Topik terakhir menyuguhkan success story harmonisasi anggota keluarga dalam mewujudkan keluarga literet dengan narasumber Yadi Suhayadi, pemenang juara lomba keluarga literet Kabupaten Kuningan. Bunda Literasi Jawa Barat Hj. Netty Prasetiani Heryawan menjadi keynote speaker.

lomba perpustakaan
PERPUSTAKAAN TERBAIK: Sekda Pemprov Jabar Iwa Karniwa (tiga dari kanan), Kepala Dispusipda Jabar Taufik Budi Santoso (kanan) dan Bunda Literasi Jabar Netty Prasetyani Heryawan foto bersama usai memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba perpustakaan tingkat Jawa Barat tahun 2018.

Kepala Dispusipda Jabar Taufik Budi Santoso didampingi Sekretaris Dinas Dinny Resmiati dan Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca Oom Nurrohmah mengatakan, dalam konteks kemampuan literasi informasi, membaca diaktualisasikan melalui menulis. Pembelajaran dari proses literasi ini menjadi bekal untuk memecahkan masalah hidupnya secara etis dan kritis, yang pada gilirannya menjadi seorang pribadi yang mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan