Wisatawan ke Pantai Garut Menurun

GARUT – Paska tsunami selat Sunda, memberikan dampak yang cukup besar terhadap minat wisatawan untuk mengunjungi pantai di Kabupaten Garut. Berdasarkan data yang diterima Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, telah terjadi penurunan yang drastis pengunjung di pantai selatan.

”Kalau di selatan (pantai) sangat berpengaruh,” Ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gangan kepada sejumlah awak media yang mewawancarainya di gedung DPRD kemarin.

Namun demikian, Budi mengaku akan tetap berupaya agar libur akhir tahun ini tetap akan mendatangkan wisatawan yang banyak seperti tahun sebelumnya. Pihaknya akan berupaya menciptakan keamanan dan kenyamanan di objek wisata pantai.

Misalnya mengadakan petugas Balawista yang siap menjaga keamanan dan memberi peringatan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Karena itu, menurut dia, wisatawan tidak usah takut untuk berkunjung ke pantai selatan Garut.

”Berwisatalah ke Kabupaten Garut, kami senantiasa memberikan (kenyamanan). Kami terus mengimbau kepada pengelola bersama-sama untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan,”katanya.

Budi juga mengimbau agar wisatawan dan masyarakat umum tidak usah mudah terpengaruh oleh berita ramalam bencana yang belum jelas. Selama sumber berita itu bukan dari BMKG atau lembaga resmi yang kredibel, hendaknya jangan percaya dulu.”Kan selama berita bukan dari BMKG, bukan dari yang resmi, itu kami anggap bukan berita resmi,”katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap membuat semacam antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan. ”Kan kita tidak tahu besok lusa hujan besar dan lain sebagainya, tapi kan perkiraan ada. Nah bagaimana mengantisipasinya, kami memberdayakan misalnya balawista, terus memberdayakan tenaga-tenaga yang ada untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan,”katanya. (fer)

Tinggalkan Balasan