Wirausaha Harus Jadi Pilihan Hidup

SOREANG – Keinginan men­jadi wirausaha sudah seha­rusnya menjadi pilihan oleh seluruh masyarakat. Sebab, dengan menjadi pengusaha maka akan meningkatkan perekonomian.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, masy­arakat harus memiliki cita-cita menjadi pengusaha. Bahkan, berdasarkan sejarah kehidupan nabi Muhammad adalah sejak kecil sudah men­jadi pedagang.

Dia menilai, saat ini seba­gian besar masyarakat banyak yang bercita-cita menjadi pe­gawai negeri, padahal sebe­tulnya dengan berwirausaha akan membantu orang dengan menyerap tenaga kerja.

’’Pengangguran di Kabupa­ten Bandung berada di angka 3,92 persen. Bila jiwa enter­preneurship masyarakat me­ningkat, tentunya angka ter­sebut bisa lebih ditekan lagi,” ungkap Dadang.

Selain itu, keinginan men­jadi anggota dewan padahal belum emmiliki kemampuan dalam berpolitik. Padahal, seharusnya berprestasi terle­bih dahulu sebelum terjun ke dunia politik.

“Jimmy Carter, petani kacang. Menguasai perdagangan ke­mudian menjadi senator, lalu menjadi presiden. Saya ber­keyakinan di sini banyak pen­gusaha muda, kalau terus bergerak dan sukses maka akan menjadi pengabdi bagi masy­arakatnya. Jadi begitu ada keinginan masuk dunia poli­tik, sifatnya mengabdi bukan mencari untung,” imbuhnya.

Dadang menjelaskan, saat ini angka pengangguran di wilayah kabupaten Bandung turun menjadi 3 persen dari sebelumnya 8 persen. Namun anggka pengguran ini lebih banyak dari Pangandaran.

Pihaknya, sudah membe­rangkatkan IKM ke Singapore untuk mengikuti event disana, untuk lebih berimbang 2019 nanti dinas perindustrian ha­rus memberangkatkan IKM Kopi ke luar negeri, yakni ke Singapur, Dubai dan Meksiko, agar para IKM lebih mengenal pasar yang diluar negeri.

”Hal ini dilakukan untuk me­motivasi para ikm agar maju dan berdaya saing,” jelasnya.

Kepala Disperin Kabupaten Bandung Dra. Hj. Popi Hopi­pah mengatakan, pihaknya menggagas AMT untuk me­ningkatkan motivasi para pelaku IKM dalam menum­buhkembangkan jiwa enter­preneurship.

“Kami sangat berharap, para pelaku IKM dapat me­ningkatkan kreativitas dan inovasi. Khususnya dalam meningkatkan kapasitas pro­duksi,” kata Popi.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, dihadirkan Kisah Sukses (Success Story) dari para pelaku IKM yang diha­rapkan dapat dijadikan mo­tivasi oleh para peserta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan