Wajib Bawa Sampah ke Kelurahan

BANDUNG – Salah satu andalan dari Inovasi Kecamatan Bojonloa Kaler adalah program Bussekel (Buanglah Segala Sampah Elektronik dan Plastik ke Kelurahan).

Camat Bojongloa Kaler, Eka Taufik Hidayat mengatakan, program ini sudah dijadikan percontohan untuk menanggulangi sampah di Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Sehingga, bila ini berhasil tinggal diaplikasikan ke kelurahan lainnya.

Menurutnya, secara teknis program Bussekel
baru berjalan tiga bulan namun telah memberikan dampak positif bagi lingkungan sekaligus kehidupan sosial masyarakat di kelurahan Sukaasih.

Eka yang didampingi Lurah Sukaasih, Ade Rahayu dan Koordinator Bussekel, Ruri menjelaskan, program Bussekel mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah-sampah anorganik di lingkungan mereka. Bahkan, tim Bussekel membuat nota kesepahaman dengan sekolah-sekolah dan unit-unit usaha yang ada di Kelurahan Sukaasih.

“Kita buat MoU dengan sekolah, Polsek, dan perusahaan-perusahaan yang ada di kelurahan. Ini langkah baik untuk mengurangi sampah anorganik,” cetus Camat Eka.

Lurah Sukaasih, Ade Rahayu menuturkan, kehadiran program itu karena dipicu oleh keresahan masyarakat dan tim Gober Sukaasih. Mereka banyak menemukan sampah plastik saat membersihkan lingkungan. Hal itu sangat mencemari lingkungan.

“Maka kami berinisiatif bahwa sampah itu harus bisa dikoordinir dan dikelola di kelurahan,” tutur Ade.

Sampah-sampah yang berada di lingkungan sekolah, kantor, dan unit-unit usaha setiap hari dikumpulkan melalui karung-karung yang dibagikan oleh kelurahan. Saat sudah penuh, karung-karung berisi sampah itu lantas dibawa ke kelurahan untuk dipilah. Setelah itu, kelurahan akan menjual sampah itu kepada bandar yang ada di wilayah Babakan Ciparay.

“Hasil penjualannya, sekitar 30 persen untuk operasional, 30 persen untuk perlengkapan, dan 40 persen untuk santunan,” katanya.

Ade menambahkan, masyarakat bahkan tidak perlu mengantar sampah itu ke kelurahan. Ia sudah menyiapkan tim yang akan menjemput sampah itu saat dikontak oleh warga yang membutuhkan. “Bisa via Whatsapp. Nanti hubungi aja, sampahnya kita jemput,” ujarnya.

Pihaknya kini bahkan tengah mengembangkan aplikasi android agar penjemputan sampah juga bisa lebih mudah. “Sistemnya kayak gojek nanti,” ucap Ade.

Tak hanya itu, Kelurahan Sukaasih juga melakukan inovasi lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Warga Sukaasih wajib membawa sampah anorganik bila akan meminta layanan di kelurahan.

Tinggalkan Balasan