Wacana Pemekaran Bandung Timur Disuarakan

BANDUNG – Wacana pemekaran wilayah Bandung Timur yang sempat timbul tenggelam, kini kembali disuarakan oleh Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana.

Dia mendorong agar ada langkah percepatan terkait rencana pemekaran wilayah di Jawa Barat menjadi salah satu prioritas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dadang menilai, pada prinsipnya otonomi daerah berupa pemekaran sebuah wilayah itu lebih banyak mengandung sisi positif. Karena fungsinya untuk meningkatkan partisipasi publik di kawasan tersebut.

“Pemekaran Bandung Timur dari Kabupaten Bandung harus jadi prioritas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Semua pihak sesuai kewenangannya masing-masing perlu mendorong percepatannya,” ungkap dia belum lama ini.

Dadang menambahkan, pemerintah pusat sendiri pada dasarnya akan menyetujui rencana pemekaran sebuah daerah asalkan sesuai dengan peraturan perundangan dan bila semua tahapannya sudah terpenuhi.

“Tapi selama ini yang terjadi kan, masih ada hambatan di dalam proses penyelesaian di tingkat pemerintahan daerah, juga terlalu kuat tarik menarik politiknya dalam upaya memekarkan Bandung Timur itu,” ucapnya.

Padahal mestinya, lanjut Dadang, ketika aspirasi masyakarat menghendaki adanya pembentukan Kabupaten Bandung Timur, itu harus direspon dengan cepat pemegang kuasa dalam hal ini bupati dan gubernur. Sehingga, aspirasi tersebut tidak sebatas wacana antara yang pro dan kontra.

Dadang menambahkan, secara pribadi sebagai anggota DPR RI dia mendorong sepenuhnya Bandung Timur terwujud. Sehingga, jika pemerintahan terbentuk maka akan terjadi pemerataan pembangunan.

’’Dan saya yakin Ridwan Kamil ini gubernur responsif, sehingga saya optimis daerah baru itu akan tercapai,” tandas dia. (bbs/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan