VAR, Penalti dan Injury Time

jabarekspres.com – Chrish Hughton dan Roy Hodgson sama-sama puas pasca debut teknologi Video Assistant Referee’s (VAR) pada Babak Ketiga Piala FA di Amex Stadium, Brigton (9/1). Namun, itu tidak ter­jadi dengan perjumpaan ketujuh Antonio Conte dan Arsene Wenger, Kamis dini hari kemarin WIB (11/1).

Keduanya tidak 100 persen puas dengan debut VAR di Piala FA itu. Bahkan, dalam situs resmi klub Wenger meng­klaim VAR telah melewatkan satu momen yang harusnya bisa berbuah penalti. Itu merujuk tekel Cesc Fabregas pada Danny Welbeck menit ke-88. ‘’Itu penalti ataupun bukan, kami masih bingung, dan perlu klarifikasi lagi,’’ kata Wenger, dikutip Sky Sports.

Sekilas, terlihat tak ada sentuhan bola dengan kaki Welbeck. Tetapi usai Martin Atkinson meminta saran kepada VAR yang dikontrol Neil Swarbrick dari Heathrow kaki Welbeck sedikit meny­entuh bola. Bukan hanya itu kebingungan Wenger pada teknologi ini. Setelah keja­dian itu, dia pun masih bing­ung dengan keputusan At­kinson.

Terutama dengan keputusan wasit berusia 46 tahun itu yang tak langsung menyetop laga. Melainkan butuh beberapa detik untuk memutuskan bantuan VAR. ‘’Jika wasit tak yakin dengan keputusannya, seharusnya dia langsung men­ghentikan laga,’’ lanjut Wenger. Selain kejadian ini, VAR juga menolak klaim penalti di dua situasi lainnya.

Pertama saat Calum Cham­bers melanggar Cesar Azpi­licueta di babak pertama. Lantas di babak kedua saat Ainsley Maitland-Niles dilang­gar Victor Moses. Satu klaim penalti untuk The Blues, satu lagi untuk Arsenal. Selain klaim penalti, debut VAR ini pun membingungkan Conte. Dia bingung dengan banyaknya waktu terbuang karena VAR.

Bukan hanya VAR, beberapa kali insiden cedera juga tak berpengaruh pada durasi injury time yang cuma lima menit. ‘’Saya pikir pada babak kedua ketika dokter masuk ke lapangan dua kali dan ke­mudian menunggu VAR, ha­rusnya durasi injury time bisa diberikan lebih lama lagi,’’ klaim Conte.

Dia pun membandingkan situasi serupa ketika dia ma­sih menangani Juventus di Serie A, meski tanpa VAR saat itu. ‘’Kalau di Italia wasit ter­kadang bisa memberikan tujuh, delapan atau sembilan menit injury time,’’ ungkap Conte. Bagaimana soal klaim penalti? ‘’Soal itu, saya tidak mau berkomentar,’’ imbuhnya. (ren/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan