Unpad Luncurkan TSCDC

BANDUNG – Rektor Univer­sitas Padjadjaran (Unpad) secara resmi meluncurkan aplikasi mobile TSCDC (Tra­cer Study & Career Development Center) Unpad di Grha Sa­nusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung. Aplikasi ini meru­pakan salah satu upaya Unpad dalam menjembatani para alumninya dengan berbagai pelaku industri dan usaha.

Peluncuran tersebut dila­kukan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, di­dampingi Director of Human Capital Management (HCM) Telkomsel Irfan A. Tachrir dan Kepala Kantor Tracer Study dan Career Development Center Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum. Acara tersebut juga dihadiri sejum­lah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad.

Selain untuk menjembatani alumni Unpad dengan berba­gai pelaku industri dan usaha, Rektor mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut juga berguna untuk meningkatkan kapasitas pendidikan Unpad. Menurut Rektor, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengeva­luasi kurikulum di lingkungan Unpad, khususnya fakultas, dengan meningkatkan kepe­kaan pada kebutuhan di dunia kerja.

”Launching ini sebetulnya menjadi fasilitas kuat untuk faculty member,” ujar Rektor.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan melalui aplikasi TSCDC adalah mengenai per­kembangan aspek karakter dari socionetwork tersebut. Pendidikan karakter, menurut Rektor merupakan salah satu peran dari setiap lembaga pen­didikan, termasuk lembaga pendidikan tinggi.

”Pertama, faculty member harus dapat memanfaatkan ini untuk meng-upgrade sub­stansi dari akademiknya. Yang kedua, bagaimana dengan fasilitas ini meng-upgrade juga karakter dari para ma­hasiswanya,” tutur Rektor.

Aplikasi TSCDC Unpad da­pat diunduh melalui Google Play Store dengan mengisi data diri. Selain informasi lowongan kerja, aplikasi ter­sebut juga menyajikan infor­masi lowongan magang, bea­siswa, dan sejumlah pelatihan.

Dalam mengembangkan aplikasi tersebut, TSCDC menggandeng Telkomsel se­bagai mitra. Direktur HCM Telkomsel Irfan A. Tachrir mengungkapkan bahwa upaya Unpad dalam melakukan Tracer Study dan peng­embangan karir melalui ap­likasi digital sangat sesuai dengan program yang saat ini dijalankan Telkomsel. Irfan juga berkomitmen untuk te­rus mendukung upaya Unpad mengembangkan platform digital. (*/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan