UMKM Cianjur Diharapkan Naik Kelas

CIANJUR – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, berupaya mencetak 500 pengusaha baru serta menyiapkan program bagi UMKM agar berkualitas dan naik kelas dengan membentuk forum ABCGM.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, tujuan dibentuknya Academia, Business, Comunity, Government, Media, atau ABCGM adalah untuk meningkatkan kualitas serta menaikan kelas bagi para pelaku usaha di Cianjur.

“Program ini adalah untuk meningkatkan UMKM, dan memang bertepatan dengan program Bupati Irvan Rivano Muchtar, yang akan mulai melakukan inovasi di sektor perekonomian,” kata Himam, usai mengikuti kegiatan pembentukan forum ABCGM, kemarin (7/8).

Dikatakan Himam, UMKM di Kabupaten Cianjur diharapkan bisa lebih kuat lagi dalam meningkatkan usahanya atau bisa naik kelas. “Diharapkan dengan adanya ABCGM ini di Kabupaten Cianjur bisa meningkatkan atau naik kelas dengan mencetak usaha baru sekitar 200 atau 500 UMKM,” ujar Himam.

Himam menegaskan, target pemerintah daerah di tahun 2019-2020, setelah melakukan perbaikan infrastruktur adalah meningkatkan 11 sektor UMKM yang ada, diantaranya sektor perdagangan dan jasa, produksi dan pertanian, perikanan, dan peternakan. Diharapkan kedepannya bisa lebih kuat lagi dalam meningkatkan usaha diberbagai sektor.

“UMKM di Kabupaten Cianjur yang formal dan non formal kurang lebih ada 19 ribu. Dengan adanya ABCGM ini semoga bisa meningkatkan dan menaikan kelas para pelaku usaha di Kota Santri ini,” tegas Himam.

Ketua terpilih ABCGM Kabupaten Cianjur, Dewi Ramadhan, menyatakan, setelah terpilih untuk memimpin ABCGM Kabupaten Cianjur, dirinya harus bekerja keras dalam memajukan UMKM. “Alhamdulilah terimakasih banyak karena sudah memilih saya menjadi ketua ABCGM Kabupaten Cianjur, dan saya berharap sekali UMKM di Cianjur bisa naik kelas,” ujarnya.

Dewi mengungkapkan, banyak tugas yang harus di¬lakukan oleh ABCGM. Namun yang jelas, pihaknya dalam waktu dekat ini akan membentuk terlebih dahulu kepengurusan atau struktural ABCGM Kabupaten Cianjur. “Target utama ABCGM ini adalah bagaimana caranya UMKM Kabupaten Cianjur ini bisa naik kelas dan berkuali¬tas,” pungkasnya.(mg2/yhi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan