Tunggu Hasil Hitungan Resmi KPU

BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengimbau, kepada masyarakat untuk menunggu hasil resmi penghitungan pemungutan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini demi menjaga situasi tetap kondusifitas pasca pemungutan suara.

Walaupun hasil penghitungan suara sementara dapat diketahui dari sejumlah lembaga melalui hitungan cepatnya atau quick count, namun Iriawan meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil resmi dari KPU tanggal 9 Juli 2018 nanti.

“Mari kita tunggu hasil penghitungan resmi dari pemerintah, kalau quick count kan masing-masing punya sistem yang berbeda tapi kalau untuk melihat silakan saja namun nanti KPU akan mengumunkan hasil penghitungan resmi tanggal 9 Juli 2018. Masyarakat harus bersabar tunggu hasil yang resmi,” kata Iriawan usai meninjau pemungutan suara di TPS 22 Rutan Kebon Waru Kota Bandung, kemarin (27/06).

Selain itu Iriawan pun berharap kepada para Paslon peserta Pemilu baik pada pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota untuk menghormari proses hitungan resmi dan tidak saling klaim pemenang.

“Kami imbau juga kepada para Paslon hormati dulu proses penghitungan resmi, bolah merasa unggul tapi tunggu dulu hasil dari KPU, kami harap untuk menahan diri saja,” ucapnya.

Di TPS 22 Rutan Kebon Waru, Iriawan didampingi ketua KPU Jabar tiba pukul 12.10 Wib langsung meninjau proses pemungutan suara dan memastikan semua penghuni Rutan menyalurkan hak pilihnya. Iriawan mengatakan semua masyarakat Jabar berhak mendapatkan hak politiknya. Sebab menurutnya, salah satu parameter kesuksesan Pemilu adalah tingginya angka partisipasi masyarakat dalam menyalurkan suara.

“Salah satu parameter keberhasilan penyelenggaan Pemilu adalah tersalurkannya hak politik masyarakat. Artinya walaupun di Rutan semua tersalurkan, makin sedikit yang tidak menyalurkan itu semakin berhasil,” pungkas Iriawan (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan