Tumbuhkan Budaya Melalui Kompetisi Tari

“Di sini kita harus meningkatkan cinta atau peningkatan kinerja dari para seniman seni Sunda untuk me­naikkan Karawitan dan Gamelan,” ujarnya.

Ade menyatakan, ke depannya ke­giatan tersebut akan rutin dilakukan tiga kali dalam setahun. Pihaknya juga akan membentuk suatu wadah yang akan mewadahi sejumlah sanggar seni budaya di Kota Bandung untuk mengembangkan bakat dan potensinya di Super Progresif. Dia berharap akan semakin banyak masyarakat yang cinta terhadap seni budayanya

“Mudah-mudahan banyak seniman bergabung dengan Sanggar Super Pro­gresif. Kami berharap seni dan budaya Sunda makin digemari dan serta di­pakai dalam berkehidupan karena dalam seni dan budaya ada norma-norma kehidupan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Super Progresif Pasanggiri Seni Tari Sunda Karawitan Gamelan dan Rampak Kendang 2018 Dadan Ram­dan mengaku sangat mengapre­siasi adanya kegiatan yang juga mendapat dukungan dari Yuzu tersebut. Pasalnya, gelaran tersebut akan mampu menumbuhkan ke­cintaan masyarakat terhadap seni dan budaya.

“Saya mengucapkan banyak te­rima kasih kepada Owner Taman Air Progresif yang telah memberi­kan sarana dan prasarana, sehing­ga bisa terlaksana kegiatan ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, ke depan tidak hanya Seni Tari, Karawitan Game­lan dan Rampak Kendang saja yang dipertandingkan. Pihaknya telah menyiapkan beberapa kesenian dan kebudayaan Sunda lainnya yang juga akan turut ditampilkan agar semakin dicintai masyarakat.

“Kesenian Sunda yang lain se­perti Karinding, Celempung dan Pencak Silat juga akan kami tam­pilkan. Kami berterima kasih ka­rena ke depan diberi tempat ber­latih untuk pegiat kesenian yang ada di Cinambo,” ujarnya.

Adapun peserta yang berhasil menjadi juara kompetisi Super Pro­gresif Pasanggiri Seni Tari Sunda, Karawitan Gamelan dan Rampak Kendang 2018 adalah, Juara 1 Seni Tari Tunggal – Catorina Camilia Dewi (10) SDN 262 Panyileukan. Juara 2 Seni Tari Tunggal – Nabila Floria (11) SD Bina Harapan serta juara 3 Seni Tari Tunggal – Faisya Fidela Hafizah (10) SDN 180 Pra­karsa Nugraha.

  • Juara Harapan 1 Seni Tari Tunggal – Pelangi Febri Nur Love (10) SDN Griba 259.
  • Juara Harapan 2 Seni Tari Tunggal – Risma Afiani Nuraazizah (10) SDN Cisaranten Kidul.
  • Juara Harapan 3 Seni Tari Tunggal – Dinda Makaila (9) SD.
  • Juara Favorit Seni Tari Tunggal Gizka Nur Ayuni (10) SD.
  • Juara 1 Rampak Seni Sunda – Ka­rawitan Gamelan SDN Rancabolang.
  • Juara 2 Rampak Seni Sunda – Ram­pak Kendang SD Gema Pancasila.

Tinggalkan Balasan