Tujuh Daerah Duplikasi Inovasi

BANDUNG — Untuk menularkan kemajuan di bidang Teknplogi Informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menandatangani kerja sama dengan tujuh kota kabupaten untuk replikasi aplikasi smart city, penerapan e-government serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketujuh daerah tersebut yaitu Kabupaten Kerinci, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Aceh Tengah.

Kesepakatan bersama dan penandatanganan kerja sama tersebut menggenapi kerja sama Pemkot Bandung menjadi 1 provinsi dan 108 kota / kabupaten Se-indonesia. Adapun aplikasi yang sering direplikasi antara lain perizinan online Hayu.Bdg, Gampil, e-RK (elektronik remunerasi kinerja), dan aplikasi transparansi bantuan hibah online Sabilulungan.

Bupati Kerinci Adirozal mengemukakan, pihaknya bersama sejumlah kota kabupaten belajar mengenai pengembangan smart city dan e-government karena Bandung dinilai selangkah bahkan beberapa langkah lebih maju.

“Kota Bandung bukan hanya jadi center of exellence akan tetapi pemerintahannya pun terdepan dalam pengembangan smart city dan e-government,” ungkapnya di aula Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, kemarin (30/10).

Dia menuturkan, pihaknya saat ini mengenai pengembangan dan promosi dengan mengikuti pelatihan karena ingin betul-betul maju seperti Kota Bandung.

“Kota Bandung jadi salah satu contoh yang lebih dahulu mampu mengembangkan ekonomi kreatif,” sambung dia.

Sementara itu, Wali kota Bandung Oded M. Danial mengaku sangat senang dengan hati terbuka apabila ada yang ingin mereplikasi berbagai aplikasi yang dikembangkan.

Menurutnya. Pemkot Bandung sangat membuka diri apabila ada program inovasi yang bermanfaat tapi ingin dikembangkan di daerah lain.

Dia menilai, pihaknya memiliki aplikasi juga terkadang melakukan studi komparasi terlebih dahulu dengan konsep ATM (amati tiru modifikasi) dari kota kabupaten lain di Indonesia atau bahkan daerah di luar negeri.

“Kami punya sekitar 300 aplikasi. Kami selalu mendorong tiada hari tanpa inovasi. Agar Bandung menjadi lebih juara lagi ke depannya. Semoga kerja sama yang kita bangun ini dapat meningkatkan pembangunan di daerah masing-masing melalui sinergi kolaborasi di antara kita,” harapnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan