Tiongkok Emas Ke-100

KEMARIN, kontingen Tiongkok mencatat milestone spesial di Asian Games 2018. Mereka merebut medali emas ke-100. Keping medali paling prestisius itu disumbangkan oleh tim renang indah yang tampil di final kemarin. Diiringi musik Peking Opera yang klasik, mereka membawakan koreografi lembut yang powerful, menggambarkan kebangkitan seekor burung phoenix dari dalam air.

”Kami merasa sangat terhormat bisa menjadi tim yang memenangkan medali ke-100 buat Tiongkok,” seru Guo Li, salah seorang skuad renang indah negeri panda.

”Hari ini sibuk sekali. Ini kali pertama kami harus bermain di free routine dan technical routine dalam sehari sekaligus. Aku sudah bangun dari jam 4, pakai make-up, pemanasan, dan langsung kualifikasi,” papar anggota tim Tiongkok yang merebut emas renang indah di Kejuaraan Dunia FINA tahun lalu.

Tiongkok memang seolah tanpa tanding di cabor artistik ini. Guo Li dkk mendominasi nomor free routine dan technical routine. Pada technical routine, mereka menampilkan tarian The Beautiful Baikal. Lalu saat free routine, Phoenix Dance the Quintessence yang mengantar mereka ke kemenangan. Total poin yang dikumpulkan adalah 186.9395.

Sehari sebelumnya, Tiongkok merebut emas dari nomor ganda lewat duet Jiang Wenwen/Jiang Tingting. Buat kedua saudari kembar itu, ini adalah emas Asian Games mereka yang ketiga. Dan sejak dipertandingkan pada 2006, seluruh medali emas dari cabor ini diborong oleh Tiongkok. (na/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan