Timses Amankan Suara Jawa Barat

BANDUNG – Tim Peme­nangan Daerah (TPD) masing-masing pasangan calon pre­siden berambisi untuk dapat mengamankan basis suara mereka di Jawa Barat. Salah­satunya mereka berusaha mengamankan suara dari elemen keagamaan untuk mendukung pasangan calon presiden yang mereka usung.

TPD Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, mereka pun mengaku siap mengamankan basis su­ara dari seluruh elemen kea­gamaan, baik dari organisasi Islam, Kristen dan agama lain­nya untuk mendukung pasangan nomor urut 01.

”Saat pertemuan di Jakarta saya diminta Presiden Joko Widodo untuk memenangkan Joko Widodo dengan KH Ma’ruf Amin di Jabar,” tutur Dewan Pengarah Pasangan Capres Nomor Urut 01 di Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum pada Jabar Ekspres kemarin (30/9).

Teknisnya jelas Kang Uu, TPD akan lebih banyak ber­silaturahmi langsung dari pintu ke pintu terutama kan­tong-kantong suara elemen keagamaan seperti, NU, Per­sis, Muhammadiyah, ormas Kristen, Katolik, Budha dan organisasi masyarakat keaga­maan lainnya di Jabar.

”Jadi tidak hanya fokus pada satu bendera saja yaitu, NU. Te­tapi semua ormas keagamaan di Jabar akan kita datangi, ber­silaturahmi untuk menarik sim­patinya agar memilih Jokowi-Ma’ruf Amin,” jelasnya.

Alasan tidak hanya fokus pada basis suara ormas Islam. Hal itu lantaran, pasangan no­mor urut 01 merupakan calon presiden dan wakil presiden untuk semua masyarakat In­donesia dari berbagai latar belakang agama atau plura­lisme.

”Apabila kita hanya fokus di basis suara ormas Islam dikha­watirkan ada anggapan; mentang-mentang calon wakil presiden­nya ulama berbasis pesantren jadi lebih memperhatikan ma­syarakat Islam saja,” terangnya.

Strategi memperoleh du­kungan dari seluruh elemen keagamaan ini ungkap Uu, dipastikan akan menambah kekuatan perolehan suara untuk Jokowi-Amin. Selain itu untuk menguatkan basis suara dari elemen keagama­an. Dirinya pun akan menum­buhkan dan mengembangkan kembali seluruh jaringan saat di Pilgub Jabar lalu, ditambah dengan kekuatan partai pen­gusung dan elemen pendukung pada saat Pilgub Jabar ter­masuk ormas pendukungnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan