Tiga Rumah Tertimbun Longsor, Empat Orang Meninggal Dunia

PURWAKARTA – Iwan, 30, dan Intan, 7, ayah dan anak akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Warga Kampung Krajan, Desa Salamjaya, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. Sebelumnya mereka dilaporkan hilang pada musibah longsor. Iwan ditemukan pada pukul 08.30 setelah itu putrinya Intan ditemukan pada pukul 09.00 kemarin (28/11).

Longsor terjadi sekira pukul 20.00 sehari sebelumnya yaitu Selasa (27/11).

Kepala Dinas Damkar dan Penanggulangan Bencana, Wahyu Wibisono membenar­kan hal ini. Menurut dia akhir­nya semua korban berhasil dievakuasi. Sehingga jumlah total keseluruhan korban adalah 4 orang meninggal dunia dan 5 orang luka berat.

”Yang meninggal dunia atas nama Mak Acim, 87, Ki Bakri, 90, Iwan, 30, dan Intan, 7. Mak Acim dan Ki Bakri sudah di­temukan sejak tadi malam. Sementara korban luka berat atas nama Yanti, Yeyet, Ima, Dede dan Ridwan, kesemua­nya telah dibawa ke RSUD Bayu Asih,” katanya di lokasi.

Sementara itu sempat be­redar kabar, ada dua orang tamu yang sedang berkunjung ke rumah yang tertimpa long­sor. Namun setelah dilakukan koordinasi dengan desa-desa lain, ternyata kabar tersebut tidaklah benar.

”Mulanya waktu proses eva­kuasi akan diperpanjang, tetapi ternyata itu kabarnya ternyata salah. Akhirnya pro­ses evakuasi pun ditutup se­kira pukul 11.00,” katanya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran terlihat berdoa saat tiba di lokasi bencana, kemarin (28/11).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jaja­ran langsung turun ke la­pangan. Dia pun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada warga dan sejumlah pihak yang telah membantu jalannya proses evakuasi.

”Saya juga berikan apresiasi berlebih pada warga setempat yang ikut langsung proses eva­kuasinya. Mereka dengan tabah, tegar dan bergotong-royong, membantu penanganan ben­cana,” kata Anne didampingi jajaran dari DPKPB, Polri, TNI dan para relawan bencana.

Anne mengatakan sekitar pukul 21.00 pada Selasa ma­lam kemarin dia mendapat laporan terkait bencana long­sor yang terjadi di Pondoksa­lam. ”Setelah ini, pemerintah daerah akan mencarikan lahan tempat tinggal bagi para kor­ban longsor. Nantinya Insya Allah dengan luas yang sama,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan