Tiga Rumah Tertimbun Longsor, Empat Orang Meninggal Dunia

Oleh karenanya Anne pun mengimbau kepada seluruh warga di Purwakarta agar waspada menghadapi segala kemungkinan bencana alam. ”Seluruh kecamatan di Kabu­paten Purwakarta, kami nya­takan menjadi status siaga bencana alam,” ucapnya.

Anne pun menginstruksikan kepada jajaran kepada seluruh jajaran baik camat atau ke­pala desa untuk melaporkan potensi bencana. Terutama di wilayah mereka masing-masing. ”Camat dan kades harus siaga 24 jam, apalagi saat terjadi hujan deras,” ucap­nya.

Berdasarkan data yang di­himpun, Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue untuk proses evakuasi. Sementara alut yang diguna­kan yakni, 1 unit rescue car, 1 rescue carrier, 1 set alkon wa­ter pump. Ditambah 1 set palsa ekstrikasi, 1 set alkom dan peralatan lainnya.

Kantor SAR Bandung pun dibantu oleh Polsek Pasawa­han, Koramil, Brimob Deta­semen C Purwakarta. Selain itu dibantu juga oleh Dinas DPKB Purwakarta, pegawai Kecamatan Pondok Salam, dan Aparat Desa Salamjaya.

Pada proses pencarian pun terlihat mantan Bupati Pur­wakarta Dedi Mulyadi. Tidak hanya memantau kondisi keluarga korban dan warga, dirinya ikut terlibat dalam proses evakuasi korban.

Cangkul dan beberapa bilah bambu digunakan oleh Dedi untuk membersihkan mate­rial tanah yang menimbun tiga rumah di kawasan itu.

”Biasa ini mah ikut bobolo­kot (kotor berkalang tanah). Bagaimana pun kita harus membantu para korban dan keluarganya. Kemudian, ha­rus ada pemulihan lingkungan di sekitar daerah ini,” katanya di lokasi.

Sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Barat, dirinya mengaku sudah menyiapkan skema bantuan untuk keluarga kor­ban meninggal dan korban luka-luka. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Fraksi Golkar DPRD Kabupa­ten Purwakarta.

”Saya perintahkan Fraksi Golkar untuk membantu memperbaiki rumah yang terkena longsoran tanah. Kemudian, harus ada telaah kontur tanah di sini agar warga tidak tinggal di daerah rawan. Apalagi se­karang musim hujan, kon­disi alam harus kita perhati­kan,” ujarnya. (and/ign)

DAFTAR PARA KORBAN MENINGGAL

Yanti (25)
Yeyet (45)
Ima (25)
Dede (12)
Ridwan (5)

LUKA BERAT

Abah Bakri (90)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan