Tekad Menduniakan Pencak Silat

JAKARTA – Pencak Silat kemarin (23/8) baru memulai kejuaraan di Asian Games 2018. Menpora Imam Nahrawi menjadi Inspektur Upacara Buka Gelanggang, di Pedepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Sebagai tradisi yang terus dilestarikan, dalam memulai sebuah turnamen atau kejuaraan, apalagi even besar seperti Asian Games ini, selalu diwali dengan upacara buka gelanggang yang diikuti oleh seluruh kontingen.

Upacara ini tidak sekedar sebagai tanda kesiapan seluruh tim, lebih dari itu sebagai awal memupuk kebersamaan, dan saling menghargai sesama kontingen, yang dalam Asian Games ini memiliki cakupan yang luas sesama bangsa-bangsa Asia.

”Selamat datang di Indonesia, selamat datang di negara Bhinneka Tunggal Ika. Selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas, jadikan pencak silat sebagai ajang silaturahim, tali persaudaraan bangsa-bangsa Asia,” kata Menpora dalam amanatnya.

Pencak silat sebagai warisan budaya adi luhung asli Indonesia akan terus diperjuangkan. Jika kali ini menjadi yang pertama diperlombakan di tingkat Asia, perjuangan akan terus dikuatkan untuk bisa masuk secara resmi menjadi cabor olimpik, dipertandingkan di multi even terbesar dunia yang pasti didambakan seluruh anak negeri.

”Sekarang pencak silat sudah ada di Asian Games, maka tidak berhenti disini, kita akan terus perjuangkan hingga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade di masa-masa yang akan datang,” tandasnya.

Sebagai informasi, pada perhelatan Asian Games kali ini pencak silat diikuti oleh 16 negara, 167 pesilat, mempertandingkan 16 kategori yang terbagi 10 tanding dan 6 seni, dengan jadwal bertanding tanggal 23-29 Agustus 2018.

Usai membuka acara Menpora memberikan semangat kepada para atlet pencak silat Timnas Indonesia dengan mendatangi dan menyalami satu per satu para atlet dan official. Pencak silat sebagai cabor asli Nusantara sudah waktunya dan selayaknya berbicara banyak di kancah dunia.

”Teruslah bersemangat demi Merah Putih, perjuangkan terus pencak silat hingga olimpiade,” pesannya pada sejumlah atlet.

Semangat para atlet itu terbukti, pada laga pembuka di Kelas D Putra 60-65 kilogram Babak 16, Iqbal Candra Pratama mampu menundukkan pesilat Thailand, Porntep Poolkaew dengan sapu bersih nilai 5 Juri (5-0).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan