oleh

TBM Bidik Sektor Dunia Usaha

NGAMPRAH– Saat ini, se­jumlah taman baca masyara­kat (TBM) di Kabupaten Bandung Barat tak hanya berkutat pada koleksi buku di perpustakaan. Namun, juga telah merambah ke du­nia usaha kecil dan menengah.

TBM Tali Rasa Aksara di Cipongkor misalnya, sudah memiliki produk berupa pe­ralatan rumah tangga yang terbuat dari bambu, seperti gelas dan baki hingga berba­gai kerajinan. Bahkan, pema­sarannya sudah tembus ke luar daerah karena dilakukan secara daring.

“Ini merupakan terobosan baru yang tidak hanya fokus dalam menyediakan buku bacaan. Namun juga bisa menggerakkan sektor eko­nomi yang lebih bermanfaat. Untuk pemasaran juga sudah mulai masuk daerah lain un­tuk terus dipromosikan,” ujar Elpa Andriawan, Pengurus TBM Tali Aksara di Lembang, Senin (10/12).

Dia menuturkan, untuk satu unit gelas bambu, dihar­gai Rp 35.000. Hal ini terbilang cukup mahal lantaran biaya produksinya juga tinggi. Namun soal kualitas dan ke­tahanan produk, mereka be­rani bersaing.

Menurut Elpa, produk-pro­duk tersebut dibuat oleh para anggota TBM secara autodidak. Keterampilan ter­sebut didukung oleh sejumlah buku perpustakaan koleksi mereka. Dari hasil bacaan itulah, mereka terinspirasi menghasilkan produk UMKM.

“Beberapa di antara buku bacaan memang menunjang pengetahuan dan keteram­pilan kami untuk menjalankan usaha ini. Jadi memang, mem­baca itu banyak manfaatnya,” ujar Elpa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.