Target Bisa Layani Mudik

Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat Virda Dimas Ekaputra opti­mistis, dapat mencapai target penyelesaian pembangunan terminal pada Mei agar ban­dara bisa digunakan saat mu­dik Lebaran 2018.

”Kami siap saja karena lan­dasan pacunya sudah siap dan penyelesaian terminal ini sudah 93 persen, jadi bisa saja tinggal maskapainya, kami hanya menyediakan fasilitas,” urainya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan me­mastikan, Bandara Interna­sional Jawa Barat (BIJB) Ker­tajati, Kabupaten Majalengka bisa beroperasi pada Juni 2018. Terlebih, bandara terbesar di Jawa Barat tersebut saat ini sudah memasuki tahap akhir pembangunan.

Ahmad Heryawan menyebut­kan, BIJB bisa terealisasi di­karenakan adanya peran dari berbagai pihak khususnya tokoh-tokoh Pemerintah Pro­vinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Gubernur Dani Setia­wan adalah orang pertama yang menginisiasi dan mela­kukan perencanaan awal pembangunan bandara ter­sebut hadir.

”Saya harus sebut secara khusus gubernur terdahulu yaitu pak Dani Setiawan ber­sama temen-teman dari Kadin. Sebab, merekalah yang menda­pat izin prinsip dari Kemen­terian Perhubungan pada saat itu,” kata Heryawan usai meninjau BIJB Kertajati, ke­marin (2/4).

Dikatakan pria yang akrab disapa Aher itu, BIJB memi­liki beberapa keistimewaan. Di antaranya, bandara terse­but tentunya milik masyara­kat Jawa Barat melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di bawah Pemprov Jabar. Selain itu, sebagian kepemilikan BIJB nantinya juga akan menjadi milik pe­merintah Kabupaten Maja­lengka.

Kemudian, keistimewaan selanjutnya adalah BIJB mer­upakan bandara terbesar dan hampir setara dengan ban­dara Soekarno-Hatta. Aher menyebutkan, beberapa ke­istimewaan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemprov Jabar. Terlebih, BIJB merupakan bandara pertama yang dikelola BUMD dan BUMN. (lyn/mg2/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan