Tangkubanparahu Tawarkan Fasilitas Baru

NGAMPRAH– Untuk memberikan kenyamanan serta pemandangan baru bagi pengunjung yang datang, pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu menambah fasilitas baru. Kini, tidak hanya bisa menikmati keindahan Kawah Ratu dan Kawah Domas, namun dibangun sebuah ikon dari Jawa Barat untuk menarik para pengunjung. 

“Kami memberikan fasilitas baru untuk memanjakan pengunjung yang datang. Sesuai dengan namanya taman wisata alam, maka kami membuat sejumlah tempat untuk spot foto, seperti Love Garden, Flaying Fox, dan taman foto buah-buahan yang berada di area parkir Jaya Giri,” ujar Direktur Operasional PT GRPP selaku pengelola TWA Tangkubanparahu, Ruslan, kemarin.

Ruslan mengatakan, wisata kawah dan udara yang sejuk memang sudah identik dengan TWA Tangkubanparahu. Hasil studi bandingnya ke berbagai tempat wisata termasuk ke Eropa, pihaknya terinspirasi mendesain taman bunga. Inovasi itu diyakini bisa membuat wisatawan tambah betah berada di Tangkubanparahu. Apalagi kecenderungan wisatawan saat ini mereka lebih suka untuk foto selfie. 
“Kawasan Love Garden dan spot buah nanas, kaboca, dan strawberry memang dikhususkan untuk area foto selfie,” kata dia. 

Mengenai kunjungan wisatawan di saat libur Lebaran lalu, Ruslan menyebutkan cukup banyak baik lokal maupun mancanegara. Tapi jika dibandingkan tahun lalu pada saat momen libur Lebaran maka angka kunjungannya menurun sekitar 5%. Kondisi itu terjadi karena libur panjang tahun ini sangat panjang dan sudah dimulai sejak masih bulan Ramadan sehingga waktu kunjungan wisatawan waktunya tersebar. “Karena saat ini masih libur anak sekolah sampai 16 Juli, saya kira ya masih akan ada wisatawan yang berlibur,” tuturnya.

Menurut dia, wisatawan yang menghabiskan libur Lebaran di Tangkubanparahu tidak hanya dari lokal seperti Bandung, Jakarta, Jawa Tengah sampai beberapa daerah di Sumatera. Tapi juga wisatawan mancanegara seperti dari Singapura, Malaysia dan Hongkong. Sementara wisatawan dari Timur Tengah selama puasa tidak ada karena mereka fokus menjalankan ibadah. 

Baru setelah Lebaran ini jumlah kedatangan wisatawan dari Timur Tengah mulai terlihat. “Setelah lebaran sudah mulai ramai kunjungan dari timur tengah. Terutama pada sabtu-minggu memang kunjungan tetap ramai. Kita juga memastikan pelayanan kepada pengunjung menjadi hal utama terutama soal kenyamanan dan keselamatan,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan