Tahun Depan Bursa Kerja Digelar Dua Kali

SUKABUMI-Bursa kerja (Job Fair) yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmi­grasi (Disnakertrans) di Lapang Merdeka Kota Sukabumi dinilai cukup sukses. Ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia mengun­dang puluhan ribu pencari kerja. Minat yang tinggi juga datang dari perusahaan yang ikut dalam bursa kerja yang digelar tiap tahun tersebut. “ Alhamdulillah, walaupun ada yang kurang tapi secara umum sukses,” kata Plt Kadisnakertrans Kota Sukabumi, Iyan Damayanti di ruang ker­janya, Jumat (20/7).

Suksesnya penyelenggaraan kata Iyan tidak lepas dari publikasi dan peran aparat keamanan yang ikut membantu. Dia berharap, pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai keinginannya..“ Ini bukti masihnya banyak yang membutuhkan pekerjaan yang harus disalurkan. Sebagai antisi­pasi, tahun depan direncakan digelar dua kali , April dan Agus­tus,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatannya, pencari kerja yang mengunjungi bursa kerja tersebut mencapai 10 ribu orang, selama dua hari. Mereka datang bukan hanya dari Kota Sukabumi tapi juga berbagai daerah seperti Kabupaten Su­kabumi dan Cianjur. “ Mungkin karena publikasinya melalui ber­bagai media, salah satunya media sosial dan media massa,” katanya.

Minat perusahaan kata Iyan juga cukup besar. Bahkan hingga menjelang sore hari H-1 masih perusahaan yang berminat ikut dalam bursa kerja tersebut. Tapi karena keterbatasan tempat, tidak bisa dipenuhi. Mereka hanya bisa berpartisipasi den­gan menempelkan selebaran penerimaan lapangan pekerjaan. “ Ada yang kami sarankan agar pelamar mengantarkan lang­sung keperusahaan karena tidak tertampung di job fair. Ternyata lapangan pekerjaan itu cukup banyak hanya kurang informasi saja,” jelasnya.

Iyan belum bisa memastikan jumlah pelamar yang diterima bekerja melalui bursa kerja terse­but. Pasalnya, perusahaan be­lum melaporkan lantaran masih dalam proses seleksi. Selain itu, penentuan diterima atau tidakn­ya mutlak kewenangannya ada para manajemen perusahaan. “ Kami belum terima informasi. Tapi ada yang baru melakukan pendataan admisitrasi dan pe­kan depan baru ada keputusan,” ujarnya.

Dijelaskan, proses penerimaan juga ditentukan oleh perusa­haan. Sebab, persyaratannya pun berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan informasi yang dit­erimanya, pelamar yang memas­ukkan surat lamar cukup mem­bludak. “ Pantastis, BPJS Keseha­tan buka lowongan pekerjaan 100 orang, pelamar mencari 800 orang. Hotel Horison menerima sekitar 40 orang, yang melamar juga hampir 800 orang. BNP bahkan buka sampai terakhir pukul 16.00 WIB,” ungkap Iyan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan