Sukabumi Tambah Lagi Kampung KB

SUKABUMI – BKKBN mencanangkan diri sebaga wilayah Kampung KB di Desa Sukamantri, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sumedang, Minggu, 28 Oktober 2018. Program yang ditujukan untuk daerah-daerah dengan kriteria khusus tersebut baru saja dicanangkan di Kabupaten Sukabumi.

Hadir dalam acara tersebut, Dewi Asmara, Anggota Komisi IX DPR RI. Unang Suhendi yang mewakili Dinas DPPKB Kab. Sukabumi, serta Ade yang mewakili BKKBN Provinsi Jawa Barat.

”Jumlah penduduk kita sudah terlampau tinggi. Dengan jumlah itu, secara otomatis beban negara juga bertambah. APBN kita terus meningkat setiap tahunnya, tapi itu semua akan jadi sia-sia kalau beban negara ini tak pernah dikurangi. Oleh sebab itu, saya sangat mendukung program semacam Kampung KB ini terus digalakkan. Saya harap program seperti ini bisa mengurangi beban negara, atau justru menjadi jalan guna meningkatkan daya saing masyarakat kita,” ujar Dewi Asmara.

Senada dikatakan Unang Suhendi, delegasi dari DPPKB Kabupaten Sukabumi tersebut mengajak masyarakat untuk berkomitmen mengamalkan pesan-pesan KB, salah satunya dengan membatasi jumlah anak. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program Kampung KB dengan sebaik-baiknya.

“Tidak semua desa atau kelurahan memiliki kesempatan untuk menjadi Kampung KB. Program ini adalah satu-satunya program BKKBN yang memiliki konten kerjasama antarlini. Pada program ini bukan hanya jumlah anak atau akseptor KB saja yang diperhatikan, lebih luas lagi sektor ekonomi, agama, lingkungan, serta pendidikan juga turut diperhatikan. Akan sangat mubazir jika masyarakat Sukamantri tidak memanfaatkan program ini,” tegasnya. (iing)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan