SMK KarNas Kuningan Launching Program-Produk Technopark

KUNINGAN – SMK Karya Nasional (KarNas) Kuningan baru saja peresmian program dan produk Technopark Ber­tempat di Ruang terbuka kompleks SMK KarNas, Jalan Cirendang Cigugur, Kuningan.

Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah X Dinas Pen­didikan Provinsi Jawa Barat, Ibu Dewi Nurhulaela, Pimpi­nan Mitra Industri dari Ever­cross Bapak Ricky Tanudi­brata, perwakilan Auto 2000, Ketua Yayasan Pendidikan Karya Nasional Dadang Dja­ka dan tamu-tamu undangan.

Menurut Kepala SMK KarNas Kuningan, Yepri Esa Trijaka, Pro­gram Technopark merupakan pusat dari beberapa Teaching Factory di SMK yang menghu­bungkan dunia pendidikan dengan dunia industri dan instansi yang relevan untuk bekerjasama.

”Dengan program ini diha­rapkan bisa menciptakan siswa-siswi yang unggul dan kompeten serta memberi manfaat untuk masyarakat Kuningan dan untuk kema­juan pendidikan khususnya di Kab. Kuningan.” jelasnya.

SMK KarNas Kuningan mer­upakan satu-satunya SMK di Kuningan yang ditunjuk oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melaks­anakan program Technopark.

Beberapa program techno­park di antaranya meliputi kerjasama industri, pelatihan guru, pengembangan kuri­kulum sesuai dengan kebu­tuhan industri, pengembangan kewirausahaan, dan lain-lain.

Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Nurhulaela mengatakan bahwa pemerintah sudah membe­rikan kepercayaan dalam penyelenggaraan Technopark kepada SMK KarNas Kuning­an itu berdasarkan seleksi dan penilaian ketat.

”Kami melihat SMK KarNas Kuningan ini sangat siap dan layak untuk menjalankan pro­gram ini karena SMK KarNas sudah menyelenggarakan kon­sep Teaching Factory dalam pembelajarannya,” jelasnya.

Technopark juga bertujuan untuk membangun kelompok wirausaha-wirausaha muda. Bentuk implementasi technopark bisa dilihat dari produk yang dihasilkan oleh SMK KarNas, di antaranya: Mesin CNC Mini, Engine Stand, Mesin Pencacah Rumput, Motor Tenaga Angin, Motor Difabel, Pompa Air.(pay/pojokjabar/ign)

Tinggalkan Balasan