Siswa SMPN 23 Bandung Ciptakan Penjernih Air

BANDUNG – Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung melihat krisis air bersih di sekolahnya, mereka kemudian bereksperimen membuat alat penjernih air sederhana. Kini para siswa sudah bisa memanfaatkan air bersih untuk aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut terungkap dalam ekspos karya pada Lokakarya Science, Technology, Engineering, Math (STEM) dan Revolusi Industri 4.0 di Kompleks Kemendikbud, Jakarta, Kamis (13/12) lalu. Apa yang para siswa SMPN 23 Bandung ini lakukan merupakan salah satu contoh praktik baik STEM yang dapat langsung dirasakan manfaatnya.

Pembelajaran STEM pada siswa-siswi SMPN 23 Bandung bertujuan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan krisis air bersih yang terdapat di sekolah. Sekolah mereka terletak di kawasan padat penduduk, tepat berada di area pasar, terminal, serta tempat pembuangan sampah, akibatnya, tanah tercemar.

Kondisi air di sekolah yang bersumber dari air sumur resapan warnanya kuning dan keruh, serta berbau besi, tentu saja tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudhu dan buang air. Sang guru pembimbing, Amalia Sholihah, menangkap keprihatinan para siswa didiknya kemudian mengajak mereka untuk mencari solusi dengan melakukan riset mandiri.

”Ketika membuat ini anak-anak sempat stres, karena tidak terbiasa. Biasanya kan berupa resep, kalau ini harus menggali, mencari tahu sendiri, tapi begitu lihat hasilnya dia sangat berbahagia,” tutur Amalia yang juga seorang guru IPA.

Dari hasil penelitian, siswa menemukan bahan-bahan yang secara efektif dapat menjernihkan air, yaitu ziolit yang berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa.

Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar, tidak mengalami penyumbatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan