Sistem CAT Mudahkan Peserta CPNS

SOREANG – Sistem Computer Assisted Test (CAT) yang di gunakan untuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bandung memberikan kemudahan dalam proses administrasi dan pencetakan kartu peserta.

Rivan, salah satu peserta mengungkap, dengan sistem CAT semuanya dapat dilakukan dengan mudah meski pada awalnya merasa kesulitan ketika pertama daftar.

Mungkin karena peminatnya banyak, bahkan untuk login pun susah. Tapi setelah berhasil masuk langkah-langkah selanjutnya lancar,” ungkapnya saat mengantri pada sesi pertama hari ketujuh seleksi CPNS di Telkom University Kecamatan Dayeuhkolot, kemarin (1/11).

Warga Ujungberung Kota Bandung ini sangat mendukung sistem CAT yang dipergunakan. Namun dia berharap kepada panitia pelaksana agar bisa lebih memudahkan peserta saat akan registrasi di tempat tes. Sebabm ketika ada panitia yang mengumumkan secara lisan, masih ada saja peserta kebingungan.

Mungkin kedepan petunjuk atau plang absensinya bisa lebih jelas, sehingga memudahkan peserta pada saat melakukan registrasi,” kata dia.

Seorang pendaftar lainnya, seni berharap kedepan petunjuk yang dipasang sebagai rambu-rambu bisa lebih memudahkan para peserta. Sebab, di depan gerbang depan begitu masuk tidak terlihat ada tanda atau petunjuk.
Kan banyak tidak survey dulu ke Tel-U ini jadi agak kesulitan karena tidak tersedia pemberitahuan,” kata Seni.

Meski lebih mudah, Pendaftar yang baru pertama kalinya mengikuti seleksi CPNS tersebut, mengatakan sistem CAT
terasa lebih ketat dibandingkan pendaftaran dan tes secara manual.

“Saya baru pertama kali ini mengikuti tes cpns, jadi tidak tahu perbandingannya antara CAT dengan tes secara manual. Dari pengalaman teman-teman saya yang pernah ikut tes manual, saya rasa ini lebih ketat karena hasilnya bisa langsung kita ketahui.

Seorang ibu yang mengatar abnaknya mengikuti tes bernama Ida asal Paseh mengaku, sistem CAT akan meminimalisir oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan diluar jalur resmi.

“Alhamdulillah anak saya bisa ikut tes ini. Daftarnya mudah, bisa dimana saja, di kantor atau di rumah juga bisa. Dengan CAT ini, tentu tidak akan mudah bagi oknum yang menawarkan jalur lain untuk kelulusan, ini hasilnya bisa dilihat langsung 15 menit setelah pelaksanaan tes,” harap Ida. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan