Sepatu Emas Piala Dunia 2018, Kane Sudah di Angka Aman

Posisi kapten dan penyerang Inggris, Harry Kane, sepertinya akan sulit digeser sebagai peraih Sepatu Emas Piala Dunia 2018. Boleh dikata bursa top skorer menjadi hal yang paling tak menarik untuk ditebak.

Rumah bursa William Hill pada Sabtu (7/7) memberikan koefisien sangat kecil untuk Kane sebagai top skorer Piala Dunia 2018 ini. Yakni hanya 1,2. Semakin kecil koefisien yang diberikan artinya penahbisan Kane sebagai top skorer tinggal menunggu waktu saja.

Di belakang Kane, untuk nama top skorer yang diunggulkan adalah penyerang Belgia, Romelu Lukaku. Namun koefisien Lukaku sangat njomplang jika dibandingkan Kane, yakni delapan.

Di belakang Kane dan Lukaku, muncullah dua nama penyerang Prancis, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe dengan masing-masing koefisien yakni 21. Kemudian disusul Eden Hazard (koefisien 51) dan Artem Dzyuba (101).

Nah, mengapa koefisien yang diperoleh Kane untuk memenangi top skorer Piala Dunia ini sangat njomplang dibandingkan para pesaingnya? Statistik menunjukkan sejak Piala Dunia edisi millenium ketiga atau tahun 2000-an, hanya sekali seorang top skorer Piala Dunia koleksi golnya lebih dari enam.

Pada Piala Dunia 2018 hingga saat ini, Kane sudah mencapai angka “aman” menjadi top skorer. Dia sudah mencetak enam gol.

Lihat saja pada Piala Dunia 2014, playmaker Kolombia, James Rodriguez mengkoleksi enam gol sebelum kemudian ditahbiskan sebagai top skorer. Mundur lagi empat tahun, yakni Piala Dunia 2010, gelar top skorer diberikan pada lima orang dengan koleksi masing-masing lima gol. Yakni Thomas Mueller (Jerman), Wesley Sneijder (Belanda), David Villa (Spanyol), dan Diego Forlan (Uruguay).

Selanjutnya pada Piala Dunia 2006, daftar top skorer yang dimenangi oleh penyerang Jerman, Miroslav Klose juga tak bergerak dari angka lima gol selama turnamen berlangsung.

Satu-satunya nama yang bisa melampaui angka enam gol selama Piala Dunia sejak pergantian abad adalah bomber Brasil, Ronaldo. Ronaldo yang mengantarkan Brasil juara dunia kelima kalinya di Piala Dunia 2002 Korsel-Jepang dengan mengoleksi delapan gol selama turnamen. (dra)

Daftar Top Skorer Piala Dunia 2018 (Sebelum Semifinal)

Harry Kane (Inggris) – 6 gol
Denis Cheryshev (Rusia) – 4 gol

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan