Senyum Seorang Guru

Senyuman guru bukanlah segala-galanya. Namun segala-galanya dapat diawali dengan senyuman. Kalau guru ingin menarik perhatian dan mengambil hati anak didik dalam mengajar, maka awalilah dengan senyuman. Hal ini merupakan daya tarik pertama untuk selanjutnya guru dapat menyampaikan pelajaran dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, guru tidak boleh meremehkan masalah ini. Meskipun kelihatannya sangat sederhana, namun pengaruhnya sangat besar bagi anak didik. Senyuman guru akan memberikan kekuatan fisik dan psikis pada anak didik. Ketika guru tersenyum, maka energi positif mengalir dalam diri guru, memancar lewat wajahnya dan terus mengalir pada diri anak didik. Senyuman guru akan menghasilkan magnet kuat yang akan menghubungkan hatinya dengan hati anak didiknya. Demikianlah pengaruh hebat bagi anak didik apabila gurunya murah tersenyum, wajah yang indah berseri dan sapaan yang tulus.

Mengapa senyuman penting bagi seorang guru? Senyuman guru dalam pengajaran sama halnya dengan bumbu penyedap dalam sebuah hidangan. Betapa hebatnya seorang koki memasak dengan bahan makanan yang berkualitas dan peralatan masak yang cangih. Apabila kokinya lupa atau sengaja tidak memberi bumbu penyedap pada masakannya, maka masakan itu akan terasa tidak enak dan tidak sedap. Atau bayangkan jika sedang berbelanja di sebuah toko, dan saat itu adalah pertama kalinya datang ke tempat itu. Ketika menemui para pegawai toko memasang wajah cemberut, tanpa ada sapaan ataupun senyuman sama sekali. Tentu kita akan berkata dalam hati, ”Ini adalah yang pertama dan terakhir saya berbelanja di tempat ini”.

Demikian juga halnya dengan pelajaran yang disampaikan guru di depan kelas. Sekalipun guru tinggi ilmunya dengan mengunakan model pembelajaran yang bervariasi dan dilengkapi dengan peralatan pembelajaran yang modern. Apabila sang guru tidak menyisipi dengan senyuman maka proses pembelajaran terasa hambar dan membebankan anak didik.

Oleh karena itu, guru tidak boleh meremehkan masalah ini. Meskipun kelihatannya sangat sederhana, namun pengaruhnya sangat besar bagi anak didik. Senyuman tidak hanya ekspresi wajah, namun senyuman adalah gambaran dari suasana hati. Tersenyum bisa memberikan aneka manfaat positif bagi manusia. Mengapa guru perlu menjadi pribadi yang murah senyum?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan