Satpol PP Cilik untuk Sosilisasi

BANDUNG – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung dalam waktu dekat ini rencanannya akan membentuk personil baru yang terdiri dari anak-anak.

Sekretaris Satpol PP Kota Bandung Tantan Sultoni mengatakan, personil ini bisa disebut Satpol PP cilik. Pembentukan Satpol PP Cilik ini terinspirasi dari adanya dokter cilik atau polisi cilik.

Menurutnya, Satpol PP cilik dibentuk untuk memberikan eksadaran kepada anak-anak agar selalu taat aturan dan menjaga ketertiban.

’’ Jadi Satpol PP cilik ini sebetulnya sudah dicanangkan di SDN Soka, Bandung dan disana personil Satpol PP Cilik bertugas dilingkungan sekolah saja,”jelas Tantan ketika ditemui belum lama ini.

Dia berharap ke depannya sejak dini mereka pelajar SD sudah tahu hidup tertib di sekolah atau di lingkungan keluarga. Sehingga, kami ciptakan satpol cilik, pencanangan SDN Soka dan relawan juga.

Selain itu, Pelajar SD itu akan berlatih sosialisasi dan tindakan, terhadap PKL yang ada di dekat SD. Namun, untuk porsinya disesuaikan dengan kondisi anak-anak.

Dia mencontohkan, larangan-larangan sederhana seperti jangan membuang sampah sembarangan, jangan jajan sembarangan, datang sekolah tepat waktu, upacara bendera dan lainnya adalah tugas dari satpol PP cilik.

Tantan menambahkan, rencana ini akan segera dikembangkan terhadap 12 sekolah lain yang ada di Kota Bandung. Sehingga, dengan adanya Satpol PP Cilik ini diharapkan akan menambah kedisiplinan dikalangan pelajar dan taat pada tata tertib.

’’Ini kana sekaligus memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini bahwa adanya aturan itu harus di taati oleh masyarakat,”punkas Tantan. (mg3/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan