Sandi Fokus Bahas UMKM dan Naker

JAKARTA – Di sisa masa kampanyenya yang tinggal lima bulan. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno akan lebih fokus pada isu lapangan pekerjaan dan pemberdayaan UMKM.

”Sekarang kita akan fokus di lapangan pekerjaan, ini menjadi isu sentral. Dan lapangan pekerjaan narasi utama kita di beberapa minggu ke depan,” kata Sandiaga saat berada di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, keamrin (30/11).

Kedatangan Cawapres Nomor 02 ke kediaman Prabowo itu untuk mencari formula dan strategi membahas sisa masa kampanye.

Dikatakan dia, dalam waktu dekat, dirinya akan meninjau hal yang berkaitan dengan perkembangan industri ruma­han serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sandiaga menganggap industri rumahan dan UMKM bisa menyediakan lapangan pekerjaan.

”Di UMKM ini serap 97 per­sen lapangan pekerjaan. Di UMKM ini 60 persen PDB (Pendapatan Domestik Bruto) kita terkontribusi. Di UMKM ini kita lihat jumlah unit usaha hingga 99,9 persen,” ujarnya.

Selain itu Sandiaga ingin melihat UMKM bisa menjadi rantai produksi untuk pari­wisata hingga ekonomi krea­tif. ”Saya akan lakukan peme­taan tadi diputuskan di sentra umum di pedesaan dan yang menjadi rantau produksi pe­rusahaan besar. Kita pastikan UMKM jadi rantai produksi untuk pariwisata, kuliner dan ekonomi kreatif lain,” katanya.

Sandiaga menyatakan akan berperan pada posisi striker atau akan turun langsung ke lapangan. Sedangkan Pra­bowo yang akan meramu ide-ide ekonomi yang bisa men­jadi referensinya dalam Pilpres 2019. (sc/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan