RSUD Cicalengka Akan Miliki Alat Cuci Darah untuk Masyarakat

CICALENGKA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka berencana akan membuka program layanan unit cuci darah atau hemo­dialisis, kemarin (9/12).

Direktur RSUD Cicalengka, Dr H Yani Sumpena Much­tar SH MH Kes, melalui Kepala Bidang Keperawa­tan, H Idan Farid S Sos MM mengatakan, penambahan pelayanan unit hemodia­lisis ini ingin mengembang­kan RSDU Cicalengka di bidang pelayanan.

”Banyak nya pasien yang menderita gagal ginjal, namun disini tidak ada alat untuk cuci darah, sehingga kamipun menambahkan pelayanan tersebut,” kata Idan.

Dijelaskannya, adanya program penambahan pe­layanan ini karena pihaknya ingin melayani pasien dengan baik. Sehingga, pasien tidak harus jauh-jauh ke Rumah sakit diluar Cicalengka.

Idan menuturkan, alat cuci darah di rumah sakit wi­layah Bandung Timur me­mang sudah ada di RS AMC dan RSUD Majalaya. Se­hingga dengan hadirnya Hemodialisis diharapkan masyarakat memiliki pilihan bagi yang ingin mendapat­kan perawatan cuci darah.

’’Rumah sakit yang sudah di wilayah Bandung daerah Timur itu cuman ada di AMC Cileunyi dan RSUD Majalaya, tapikan jika pa­sieun cuci darah itu ada 10 sementara alat ada 6, pas­ti pasien harus antri,” be­bernya sembari tersenyum.

Dia mengatakan, peng­embangan unit pelayanan ini bisa dikatakan untuk meringankan pihak rumah sakit lain. Sebab, untuk melakukan perawatan cuci darah tidak bisa di tunda-tunda. Sebab, jika ditunda bisa fatal akibatnya.

’’Maka dengan adanya pelayanan di Cicalengka itu akan membantu pasien,” hematnya.

Idan menuturkan, peng­embangan pelayanan cuci darah ini biaya nya tidak dianggarkan oleh APBN. Sebab, Pelayanan ini se­penuhnya dari hasil kerja­sama dan oprasional RSUD Cicalengka. Sehingga, pi­haknya akan merancang sedemikian rupa agar jika alat ini beroperasi sudah memiliki konsep matang.

“Ya kami pun sudah mem­perhitungkan berapa alat yang akan diadakan, ru­angan, tempat tidur dan lainnya, sehingga nanti jika sudah hari H kita ting­gal eksekusi konsepnya,” tuturnya.

Dia berharap, adanya pengembangan pelayanan unit cuci darah ini bisa bermanfaat bagi pasien yang menderita penyakit ginjal khususnya di wilayah Ke­camatan Cicalengka dan sekitarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan