Razia Pelajar Bolos Sekolah

CIMAHI– Dinas Pendidikan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi lakukan operasi penegakan disiplin terhadap para pelajar yang kedapatan nongkorong dan bermain warnet saat jam sekolah. Dalam operasi yang digelar Kamis (1/11) tersebut, sebanyak 47 siswa SD dan SMP terjaring.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, penegakan disiplin ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter. Harapannya, setelah operasi ini siswa menjadi lebih bertanggung jawab.

“Penegakan dispilin ini kaitan bagaimana kita konsisten dengan upaya peningkatan pendidikan karakter. Mudah-mudahan ini ada pembelajara sehingga ke depan siswa di cimahi bisa bertanggung jawab,” katanya, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi,Kamis (1/11).

Dikdik menuturkan, operasi penegakan siswa ini akan dilakukan secara rutin. Siswa yang kedapatan bolos ini akan dilakukan pembinaan. Tidak hanya itu pihaknya juga langsung melakukan pemanggilan terhadap orang tua siswa dan pihak sekolah yang bersangkutan.

“Iya ini sebagai efek jera supaya siswa gak bolos lagi. Sebab, tugas siswa itu belajar di sekolah,” tuturnya.

Dikdik menjelaskan, sasaran utama penegakan disiplin kali ini adalah tempat-tempat yang diduga kerap menjadi lokasi bolos siswa, seperti di Warung Internet (Warnet) dan tempat umum lainnya. Operasi dilaksanakan dengan menyisir tiga kecamatan se-Kota Cimahi.

“Hasilnya, para pelajar SMP dan SMA ada juga pelajar dari Kota Bandung kedapatan tengah bolos di luar jam sekolah,” jelasnya.

Java Mumammad Ramdan ,15, seorang siswa yang terjaring razia mengakui, saat terjaring operasi, ia kabur dari sekolah. Dirinya beralasan, pagi tadi tidak ada kegiatan proses pembelajaran di sekolahnya.

“Tadi kabur soalnya gak belajar. Tapi sekarang kapok,” tutur siswa kelas IX, SMP Pasundan 2 Cimahi ini, saat ditemui di Local Education Centre (LEC), Jalan Permana, Kota Cimahi.

Hal serupa diungkapkan, Rizki,13, Siswa kelas XII MTs Al Mubarokah itu mengaku kapok bolos sekolah. Saat diamankan, ia dan temannya tengah asyik bermain di salah satu warnet di Kota Cimahi.

“Tadi pagi kesiangan, jadi mabal. Baru kali ini,” singkatnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan