Raperda Kewirausahaan dan Kawasan Bebas Rokok Masuk Paripurna DPRD

BANDUNG – Pada sidang paripurna DPRD Jabar yang berlangsung pada Senin, 22 Oktober 2018 terdapat tiga agenda penting, di antaranya Laporan Panitia khusus (Pansus) III tentang pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Namun, agenda ini batal disedangkan dan diundur 3 hari kedepan.

TAK CAPAI KUORUM: Pimpinan DPRD Jabar Haris Boebiho (kanan) saat memberikan Laporan Pansus III mengenai Raperda Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan masyarakat yang batal disidangkan. Agendanya menurut rencana akan diundur tiga hari kedepan

Pimpinan DPRD Jabar Haris Boebiho mengatakan, Laporan Pansus III mengenai Raperda tersebut batal karena peserta sidang tidak mencapai kuorum. Sehingga secara aturan tata tertib dewan boleh diundur selama tiga hari kebelakang.

Kendati begitu, pada agenda sidang lainnya, dua Raperda usulan dewan telah sampai pada Jawaban pendapat dari Gubernur Jabar. Sehingga, pada proses sidang paripurna selanjutnya adalah pandangan umum fraksi dari Raperda tersebut.

paripurna DPRD Jabar
BERI TANGGAPAN: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta agar Rapreda yang diusulkan memiliki subtansi yang sangat luas sehingga menurutnya perlu untuk dikaji ulang. Selain itu menurut RUU Kewirausahaan telah menjadi prioritas porgram pemerintah pusat.

’’Dari pendapat Gubernur tersebut, nanti tiap fraksi akan membahasnya kembali. Kemudian simpulan atas jawaban pendapat Gubernur akan dikemukakan pada saat sidang,” jelas Haris ketika ditemui, kemarin (22/10).

Harus menuturkan, dari pendapat Gubernur yang dikemukakan kedua Perda tersebut ada yang dipertanyakan. Sehingga, dewan nantinya akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

SIDANG PARIPURNA: Anggota DPRD Jawa Barat saat menggelar sidang paripurna mereka menyampaikan aspirasi dalam sidang Paripurna yang membahas dua Raperda usulan dewan, yakni Raperda Prakarsa DPRD tentang Kewirausahaan dan Kawasan Bebas Rokok.

Adapun kedua Perda tersebut yakni Raperda Prakarsa DPRD tentang Kewirausahaan dan Kawasan Bebas Rokok.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridawan Kamil mengatakan, Raperda yang diusulkan oleh dewan tersebut pada umumnya sangat baik. Akan tetapi, substansi dari Raperda ini terlalu luas. Sehingga, perlu dikaji lagi materinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan