Puluhan Warga Ikuti Pelatihan Public Speaking

NGAMPRAH– Dinas Te­naga Kerja dan Transmigra­si Kabupaten Bandung Ba­rat terus berupaya untuk menurunkan angka peng­angguran di Bandung Barat. Salah satunya dengan mem­berikan pelatihan Public Speaking dan Master of Ceremony.

Sebab, berbicara di depan publik merupakan keteram­pilan yang perlu dikuasai oleh hampir semua profesi. Tak hanya untuk menum­buhkan kepercayaan diri, keterampilan tersebut juga dibutuhkan untuk menun­jang perkembangan karier ataupun usaha.

Pelatihan yang diikuti 40 warga Bandung Barat dari beragam latar belakang ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bi­dangya.

Kepala Dinas Tenaga Ker­ja dan Transmigrasi KBB Iing Solihin mengungkapkan, pihaknya terus berupaya memberikan pelatihan ke­terampilan kerja bagi ma­syarakat. Hal itu sebagai upaya menekan angka peng­angguran.

“Kami dorong masyarakat untuk bisa menghasilkan, baik melalui bekerja ataupun wirausaha. Untuk itu, ke­terampilan kerja sangat dibutuhkan,” katanya.

Menurut dia, berbagai pe­latihan kerja yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Bandung Ba­rat. Pelatihan-pelatihan lainnya yang rutin digelar, di antaranya kewirausa­haan, perbengkelan, dan menjahit.

Purna Aditya Irawan, salah seorang narasumber pela­tihan tersebut mengungkap­kan, keterampilan public speaking dibutuhkan oleh beragam profesi.

“Tak hanya presenter, MC, dan host, keterampilan ini juga dibutuhkan para guru, dosen, mahasiswa, penyiar, bahkan pedagang,” katanya.

Menurut dia, keterampilan berbicara di depan publik membutuhkan wawasan yang luas. Selain itu, juga dibutuhkan mental yang kuat agar bisa mengatasi gugup ketika tampil di depan publik.

Yusuf Taufik, salah seorang peserta asal Batujajar men­gatakan, dirinya membutu­hkan keterampilan tersebut untuk meningkatkan keper­cayaan dirinya.

“Untuk berbicara di depan umum itu, memang tidak mudah. Dibutuhkan latihan dan pengalaman disertai dengan ilmu serta wawasan juga. Dengan ikut pelatihan semacam ini, harapannya bisa menguasai profesi ini yang berujung pada kegia­tan sehari-hari di berbagai acara,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan