Prajurit Susuri Sungai

BANDUNG – Ratusan pra­jurit TNI AD bersama masy­arakat secara bersama turun langsung ke sungai Cicadas Baru Kelurahan Cijawura Ke­camatan Buahbatu dan Ke­lurahan Mekarjaya Kecama­tan Rancasari Kota Bandung untuk membersihkan sampah yang mengotori sungai. Sung­ai dibersihkan dengan cara disusuri secara bersama sama sepanjang 1.5 kilometer (km) sampai di batas kota Bandung.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muha­mad Solihin yang turut hadir menuturkan, kegiatan mer­upakan bagian dari upaya Pemkot Bandung mengurangi sampah yanga da di sungai yang berpotensi mengalir ke Sungai Citarum dan anak sungainya.

”Ini bukan semata-mata tang­gung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab kita bersama seluruh elemen masyarakat, instansi vertikal, dan kita di­bantu oleh jajaran TNI dan kepolisian,” jelas Solihin dalam rilis yang dikirim ke redaksi Jabar Ekspres belum lama ini.

Dirinya memaparkan, ke­giatan tersebut, sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Sehingga, harapannya dapat mening­katkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai bahan edukasi bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar dapat merubah pola pikir untuk tidak mem­buang sampah kesungai.

”Keterlibatan masyarakat sangat bagus dan kuat. Ini yang harus terus kita pelihara dengan baik supaya kalau program ini, warga sudah terbiasa hidup dengan linkungan yang bersih dan sehat,” katanya.

Ditempat sama, Komandan Sektor Citarum Harum 22 Wi­layah Kota Bandung, Kolonel Infanteri Asep Rahman Taufik mengatakan, untuk sungai di kota Bandung sudah menjadi tanggung jawab timnya. Untuk itu, dia telah menguinstruk­sikan kepada seluruh prajurit agar terus mendampingi ma­syarakat hingga program Ci­tarum Harum tuntas.

Untuk mendukung program itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan menggulirkan kampanye #nyaahkawalung­an untuk memberi pesan ke­pada masyarakat agar selalu melestarikan sungai.

’’Dan dalam waktu dekat, 5-6 Maret kita akan mengadakan kegiatan Zero Waste Interna­tional Forum mengundang beberapa kota yang sudah mengelola sampahnya dengan baik untuk saling belajar dan bertukar informasi dan seba­gainya,’’ jelas dia. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan