PPP-Demokrat Lolos

BANDUNG – Komisi Pemi­lihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat menyatakan, Par­tai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat di tingkat DPW lolos verifi­kasi faktual. Kedua partai tersebut lolos setelah melen­gkapi kekurangan persyaratan.

Menurut Komisioner KPUD Jawa Barat Divisi Pemuktahiran Data Pemilih, Ferdiman P Ba­riguna, proses verifikasi fak­tual kepada partai politik lama, salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di tingkat Provinsi Jawa Barat ini meru­pakan salah satu amanah yang harus dijalankan terkait kepu­tusan MK. Yaitu keputusan uji materi pada Pasal 173 Undang-undang No.7 Tahun 2017 yang intinya partai lama pun harus diverifikasi faktual.

”Atas dasar keputusan itu, maka KPUD Jawa Barat harus menjalankannya, dan selama melakukan verfikasi faktual sampai saat ini tidak ada per­masalahan (penolakan) atau­pun kendala,” tuturnya saat ditemui di DPW Jawa Barat PPP Kota Bandung, kemarin (30/1).

Lebih lanjut Ferdiman men­jelaskan, verifikasi faktual yang dilakukan KPUD Jawa Barat ke DPW Jabar PPP meme­riksa banyak hal, salah satunya mengenai kepengurusan, ke­pemilikan kantor, keterwakilan perempuan di kepengurusan tingkat DPW yang harus me­menuhi kuota 30 persen.

”Bahkan keterwakilan pe­rempuan di DPW PPP Jabar melebihi kouta sampai 33 persen. Sebab, Ketua DPW PPP kebetulan perempuan. Jadi, dari hasil pemeriksaan PPP dinyatakan lolos verifi­kasi faktual,” jelasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wi­layah PPP Ade Munawaroh mengaku, kepengurusan di DPW PPP Jawa Barat ditemu­kan ada 3 orang yang sudah tidak aktif lagi karena sudah meninggal. Tiga orang terse­but dari Bogor, Subang dan Indramayu, dan hanya satu orang yang sudah pindah ke partai politik lain.

”Memang data kepengurusan dalam SK Kemenkuham ini be­lum diperbaharui, tetapi hal ini tidak sampai menjadikan DPW PPP Jabar tidak lolos,” jelasnya.

Sementara itu, Komisi Pemi­lihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat juga mengumumkan, Partai Demokrat lolos verifikasi Faktual. ”Partai Demokrat mer­upakan partai terakhir yang kita verifikasi. Status yang kita berikan lulus karena hampir seluruh persyaratan Partai Demokrat mampu memenuhinya,” tutur Komisioner Divisi Hukum KPUD Jawa Barat Agus Rustandi saat ditemui di DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Bandung, kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan