Polsek Ibun Bangun Rutilahu

IBUN – Polsek Ibun terus menggeliat membangun rumah layak tidak huni (Rutilahu). Kali ini Polsek Ibun membangun rumah milik Uyuh 80, seorang janda tua di Kampung Cicango RT 01 RW 01 Desa Pangguh, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Selasa (15/5). Pembangunan rumah tersebut merupakan yang ke 44 dalam program yang digagas jajaran Polsek Ibun. Pembangunan rumah dengan sasaran warga kurang mampu itu sudah berlangsung selama dua tahun.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan melalui Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi mengatakan, Polsek Ibun membangun puluhan Rutilahu dari uang kencleng yang di kumpulkan setiap Jumat, selain dalam pengerjaannya melibatkan swadaya masyarakat.

“Kami menemukan rumah panggung milik Uyuh terancam ambruk itu, setelah mendapat informasi dari warga lainnya, sehingga, anggota Bhabinkamtibmas Desa Pangguh Polsek Ibun Aiptu Asep Sunarya langsung melakukan pengecekan ke lapangan. Ternyata benar, setelah anggota Bhabinkamtibmas mengecek ke lapangan, rumah panggung milik Uyuh berukuran 4 x 5 meter itu hampir seluruh bangunannya sudah doyong. Dikhawatiran apabila ada hujan disertai angin bisa roboh dan menimpa penghuninya,” kata Asep saat di temui di Kantornya, kemarin (15/5).

Asep Dedi mengungkapkan, pihaknya membangun rumah Uyuh yang semula rumah pangguh reyot, saat ini dibangun semi permanen supaya lebih nyaman bagi penghuninya. Untuk itu, katanya, Polsek Ibun menyiapkan material bangunan berupa pasir, batu bata, kayu, semen, GRC, cat dan material lainnya. “Alhamdulillah, setelah dikerjakan secara swadaya masyarakat, pengerjaan pembangunan semi permanen tersebut sudah mencapai 80 persen dengan ukuran 4 x 6 meter,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu petugas yakni, Aiptu Asep Sunarya pun selalu memonitor perkembangan pembangunannya sehingga dapat berjalan sesuai yang diharapkan, hal tersebut dilakukan untuk mempercepat perwujudan pembangunan rumah tersebut. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, pengerjaan pembangunan rumah Ibu Uyuh bisa segera rampung dan dinikmati oleh penghuninya,” tuturnya.

Sementara itu, Uyuh seorang janda tua yang keseharianya hanya sebagai kuli cuci baju di tetangganya merasa tersipu setelah kedatangan Asep Sunarya Bhabinkamtibmas desa Pangguh Polsek Ibun yang akan merehab rumah tidak layak huni miliknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan