PKK Harus Jadi Motor Penggerak

BANDUNG – Keberadaan Pegerak Pembinaan Kesejah­teraan Keluarga (PKK) harus terus berkiprah di tengah masyarakat. Sebab, dengan peran PKK ternyata bisa membangun pondasi mental yang kokoh.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, saat ini dedikasi para kader PKK di berbagai wilayah memiliki peran penting. Sebab, kebe­radaan PKK ternyata sangat membantu warga dengan program-programnya.

Oded menilai, keberadaan perempuan merupakan tiang­nya negara. Sehingga, kebe­radaannya harus kokoh untuk mencetak dan menghasilkan generasi-generasi terbaik.

’’Jadi kalau tiangnya kokoh, maka negara pun akan kokoh,” ungkap Oded ketika membe­rikan sambutan dan arahan pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tingkat Kota Bandung di Gedung Graha Bi­nangkit, Jalan Sukabumi No. 30 Kota Bandung, Kamis (13/12).

Dia mengatakan, salah satu dedikasi perempuan melalui PKK adalah membina kelu­arga, mulai dari sisi pendidi­kan anak, keharmonisan rumah tangga, hingga soal perekonomian keluarga.

Selain itu, para kader terus memberikan aktivasi agar para perempuan menjadi lebih cerdas dan berdaya dengan 10 Program Pokok PKK yang harus diwujudkan.

“Prinsipnya, gerakan ini lahir dari masyarakat, dari masyara­kat, oleh masyarakat, dan un­tuk masyarakat,” imbuh Oded.

Oded berharap, PKK dapat menjadi motor penggerak kegiatan sehingga tak hanya berhadapan dengan urusan-urusan wajib yang rutin. Le­bih jauh, Oded berharap PKK dapat menjadi inovator dalam memberikan pelayanan publik di Kota Bandumg.

“ Ya harus jadi motor peng­gerak dalam rangka mengha­dirkan peradaban. Karena peradaban ini juga bisa se­perti ini salah satunya atas perjuangan yang dilakukan oleh perempuan,” katanya.

Dia menambahkan, PKK Kota Bandung dapat men­jadi organisasi mitra pemerin­tah dalam menguatkan keta­hanan keluarga sehingga lahirlah generasi yang unggul dan mampu berdaya saing.

“Karena PKK sudah teruji. Selama ini PKK pula yang memimpin perubahan pe­radaban di lingkungan,” ujar Oded. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan