Piala Dunia 2018 Jadi Panggung Perpisahan 5 Legenda

Meski begitu, sejarah akan tetap mencatat Iniesta sebagai salah satu pemain terhebat di dunia. Setelah debut internasional pada 27 Mei 2006, tampil perdana di Piala Dunia sebulan setelahnya, nama Iniesta mencuat setelah mencetak gol kemenangan Spanyol pada final Piala Dunia 2010.

“Segalanya ada awal dan akhir. Terkadang bukan perpisahan yang anda dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan,” sebut Iniesta saat mengumumkan pensiun dari Timnas Spanyol.

RAFAEL MARQUEZ (MEKSIKO)

Rafael Marquez

Nama Marquez secara mengejutkan masuk dalam daftar pemain Timnas Meksiko di Piala Dunia 2018. Ternyata, ajang empat tahunan di Rusia itu dipersiapkan menjadi momen perpisahan peraih caps perdana Timnas Meksiko pada 5 Februari 1997 itu.

Sejak debut Piala Dunia pada 3 Juni 2002 ketika Meksiko menang 1-0 atas Kroasia, Marquez tercatat sudah tampil 20 pertandingan dan mencetak 3 gol di ajang terakbar itu. Dia menjadi pemain ketiga yang tampil dalam lima edisi Piala Dunia.

Namun, karirnya harus berhenti di babak 16 besar Piala Dunia 2018 saat Meksiko kalah 0-2 dari Brasil. “Mulai sekarang, saya akan memiliki lebih sering waktu bebas. Masa depan saya tentu masih ada di sepak bola,” ucapnya.

SERGEI IGNASHEVICH (RUSIA)

Sergei Ignashevich

Kekalahan Rusia dari Kroasia melalui drama adu penalti pada babak perempat final Piala Dunia 2018, sekaligus menjadi perpisahan bagi Ignashevich. Pemain berusia 38 tahun itu menutup karir tanpa mampu membawa Rusia berprestasi tinggi di rumah sendiri.

Meski gagal menggapai semifinal, Ignashevich mampu mencatatkan namanya sebagai pengoleksi penampilan terbanyak di Timnas Rusia dengan 127 caps. Dia, bersama rekan senegaranya, Alexander Samedov, tetap puas akhir karirnya dicapai dengan hasil perempat final Piala Dunia 2018.

“Saya tak pernah membayangkan mengakhiri karir sepak bola dengan catatan besar. Saya senang menjadi bagian dari timnas selama hampir 20 tahun,” tutur Ignashevich.
(ira/JPC)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan