Pertamina MOR III Tambah Stok dan Sarfas

JAKARTA – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menyiapkan penambahan stok dan sarana fasilitas (sarfas) pendukung untuk memastikan kesediaan suplai BBM dan LPG di masyarakat aman. Hal ini dilakukan mengantisipasi adanya kenaikan permintaan masyarakat akan kebutuhan BBM dan LPG selama bulan Ramadan dan mudik Lebaran 1439 H.

General Manager Pertamina MOR III, Erry Widiastono mengatakan, persiapan SATGAS tahun ini dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri dipastikan optimal. Pertamina siaga penuh untuk memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan BBM dan LPG selama masa Ramadan dan jelang masa mudik nanti.

SIAP SIAGA MELAYANI: General Manager Pertamina MOR III Erry Widiastono (tiga dari kiri) salam komando dengan satgas Pertamina yang siap siaga melayani penjualan BBM kemasan.

Menurut Erry, pihaknya telah menyiapkan penambahan stok atas perkiraan kenaikan permintaan BBM di wilayah MOR III yang meliputi provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten selama masa SATGAS yang dibandingkan dengan konsumsi normal pada tahun 2018. Di mana diperkiraan kenaikan sekitar 9,4 persen untuk BBM jenis Gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo, sedangkan untuk jenis Gasoil seperti Solar, Dexlite dan Pertamina Dex diprediksi mengalami penurunan sekitar 3,8 persen.

Selain itu, untuk produk LPG di wilayah MOR III pun diperkirakan akan mengalami kenaikan permintaan dibandingkan konsumsi normal tahun 2018 yaitu sebesar 10,1 persen untuk produk LPG 3 Kg dan kenaikan permintaan LPG Non PSO dibandingkan konsumsi normal tahun 2018 seperti Elpiji 12 Kg naik 1,4 persen , Bright Gas 12 Kg naik 18,6 persen dan Bright Gas 5,5 kg diperkiraan akan naik sebesar 39 persen.

MOTOR PENYUPLAI BBM: Pertamina menyediakan motor kemasan BBM yang akan beroperasi dalam mengantisipasi kemacetan untuk mensuplai BBM.

Lebih lanjut Erry menjelaskan, dengan perkiraan tingginya permintaan tersebut nanti, Pertamina MOR III telah menyiapkan beberapa sarana fasilitas pendukung guna menjamin kesediaan BBM dan LPG tercukupi di masyarakat.

“Kami siapkan 50 SPBU kantong yang tersebar di berbagai lokasi guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU untuk kebutuhan suplai. Tidak hanya SPBU Kantong, kami pun menyiapkan 12 SPBBE Kantong yang siap beroperasi menjaga kehandalan stok LPG di wilayah MOR III bahkan selama masa SATGAS Pertamina juga menyiapkan sejumlah pangkalan siaga LPG yang akan tetap buka meskipun di hari libur,” terang Erry.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan