Persaingan Posisi Ketiga Klasemen

VALENCIA – Balapan Mo­toGP Valencia di Sirkuit Ri­cardo Tormo, Minggu (16/11) tidak akan kehilangan gere­get gara-gara juara dunia pembalap dan konstruktor sudah disabet Marc Marquez dan Repsol Honda.

Selain menyaksikan bala­pan terakhir Dani Pedrosa, di seri terakhir (ke-19) Mo­toGP 2018 ini masih me­nyisakan persaingan tempat ketiga antara duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Andai saja Rossi tidak terja­tuh pada empat lap jelang finis di MotoGP Malaysia lalu (4/11), Rossi mungkin masih aman di posisi ketiga klasemen. Namun, Vinales kini masih punya peluang.

Keduanya kini hanya terpaut dua poin. Rossi berada di posisi ketiga dengan 195 angka. Sementara Vinales membuntuti di posisi keem­pat dengan 193 poin. Posisi 1-2 klasemen sendiri sudah terkunci menjadi milik Mar­quez dan pembalap Ducti Andrea Dovizioso.

Team Director Movistar Ya­maha, Massimo Meregalli menyatakan timnya siap mem­berikan dukungan maksimal untuk dua pembalap mereka itu di lintasan. Meregalli juga mengaku tidak sabar mera­sakan atmosfer balapan Va­lencia yang disebutnya sela­lu menyajikan aura luar bia­sa sebagai penutup musim.

“Pertarungan ini hanya an­tara Maverick dan Vale. Kami sebagai tim bertugas mendu­kung sekuat tenaga dua pem­balap kami agar mampu menutup musim ini dengan cara sebaik mungkin,” ucap Meregalli dilansir Crash.

Tahun lalu, Rossi finis di urutan kelima di Valencia. Sementara Vinales berada di posisi 12. Kampiun mu­sim lalu GP Valencia adalah Pedrosa.

Vinales sudah terang-terang­an memburu posisi ketiga klasemen akhir pembalap. Pembalap 23 tahun itu menga­ku ingin mendapatkan po­sisi yang dia sebut sebagai sukses kecil di akhir musim itu. Di GP Malaysia lalu man­tan pembalap Suzuki Ecstar itu finis di posisi keempat.

“Saya datang ke Valencia dengan mood yang positif,” ucap Vinales.

“Tujuan saya adalah posisi ketiga. Dan itu sudah sangat dekat,” tambahnya.

Rossi menyebut dia dan tim datang ke Valencia dengan perkembangan motor yang luar biasa di beberapa race terakhir. Meski dia mengakui akhir balapan Malaysia sang­at tidak menyenangkan. Di Valencia Rossi juga punya kesempatan terakhir untuk berburu kemenangan per­tama musim ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan