Perbedaan Jangan Jadi Perpecahan

BANDUNG – Untuk memas­tikan pelaksanaan perayaan natal berlangsung aman Wakil Wali Kota Bandung Yana Muly­ana bersama Kapolrestabes Bandung dan Dandim 0618/BS mengunjungi gereja Katedral di jalan Merdeka Bandung.

Yana mengatakan, kebera­gaman yang ada di Indonesia merupakan keindahan dan kekuatan. Bahkan, Kota Bandung sendiri sebetulnya masyarakatnya sangat hete­rogen dari berbagai suku agama maupun etnis.

”Menjadi sebuah kebaha­giaan dan kebanggaan ketika tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang tampil se­bagai garda terdepan dalam mendorong sikap toleransi dalam keberagaman,” ung­kapnya dalam Open House Natal Lintas Agama di Aula Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Se­lasa (25/12) malam.

Kunci dalam menjaga ke­beragaman, menurut Yana, ada pada kuatnya jalinan silaturahmi dan komunikasi yang baik melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Dengan begitu, akan mewujudkan Bandung seba­gai kota paling toleran di Indonesia.

Yana pun mengajak hadirin untuk manfaatkan open house tersebut demi mening­katkan koordinasi dan keter­paduan lintas sektor dengan aparatur Pemkot Bandung di tingkat kota maupun ke­wilayahan dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban Kota Bandung yang kondusif.

”Saya meminta seluruh ele­men masyarakat menganti­sipasi terkait potensi gang­guan keamanan dan keter­tiban,” kata Kang Yana, sa­paan akrabnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FKUB Kota Bandung, Ahmad Suherman menyebutkan pertemuan semacam ini digelar untuk ke-11 kalinya. Kegiatan ini untuk membina kerukunan antar umat beragama se­hingga tidak ada sekat dan dapat memperkokoh NKRI.”Saya berpesan tri ke­rukunan plus. Yakni keruku­nan di intern umat beragama masing-masing, kerukunan antar umat beragama, keru­kunan antar umat beragama dengan pemerintah, dan kerukunan intern di etnis masing-masing dan antar etnis. Tri kerukunan plus ini merupakan modal kita bisa bersatu,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta­bes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema menyatakan, rangkaian perayaan Natal di Kota Bandung dari awal hing­ga akhir berlangsung aman dan kondusif. Hal ini tercipta berkat kerja sama semua pihak yang menjaga kerukunan an­tar umat beragama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan