Penyerapan Anggaran 2018 Masih Minim

SOREANG – Penyerapan anggaran di sejumlah dinas-dinas di Kabupaten Bandung selama memasuki akhir tahun masih dikisaran 60 persen. Sehingga, tidak terpakainya anggaran pada APBD 2018 tersebut kana berdampak pada Sisa Lebih Pengunaan Anggaran (SILPA).

Menanggapi hal ini, Bupati Bandung Dadang M. Naser mengaku bahwa penyerapan Anggaran saat ini belum se­ratus persen. Namun, saat ini masih banyak pekerjaan yang berjalan.

’’Jadi masih banyak peker­jaan yang belum selesai, jadi belum terserap,” kata Dadang saat memberikan keterangan­nya, belum lama ini.

Dadang menjelaskan, ang­garan yang belum terserap sebagian besar merupakan pekerjaan konstruksi. Namun, pekerjaan-pekerjaan tersebut sedang dalam proses penye­lesaian sehingga belum mela­kukan penagihan.

”Saat ini sejumlah pekerjaan sedang dalam tahapan finishing, sebagian lagi tinggal pencairan karena pekerjaan sudah ber­jalan semua,” jelasnya.

Di tempat terpisah, wakil ketua DPRD Kabupaten Bandung Yayat Hidayat me­maparkan, laporan APBD 2018 kemungkinan di semester dua, karena belum maksimalnya peyerapan APBD di tahun ini.

”Ini kan sudah masuk se­mester tiga, mungkin Bu­pati tidak melihat bulan ber­jalan. Tapi laporan semeste­ran, ” terangnya.

Politisi dari partai Gerindra tersebut juga menjelaskan, peyerapan anggaran bisa ter­lihat maksimal atau tidak jika laporan semester tiga sudah di terima, dan pekerjaan se­mua sudah selesai di kerjakan. ”Saat ini kan banyak peker­jaan yang masih berjalan, seperti imprastuktur dan lain­nya,” ucapnya.

Menurutnya, peyerapan anggaran ini memang harus bisa dimaksimalkan. Sebab itu bisa menjadi sebuah pe­nilaian bahwa pemerintah bekerja dengan maksimal. ”Bukan tidak terserap, tapi pekerjaan memang belum selesai semua,” ungkapnya.

Yayat menegaskan, jika la­poran semester tiga sudah selesai di kerjakan kemun­gkinan angka peyerapan APBD bisa meningkat. Lantaran beberapa pekerjaan sudah memasuki finising.

”Sudah banyak juga yang mau selesai, kalau jumlah aslinya kita lihat saja nanti di akhir tahun berapa APBD yang terserap,” tutup dia. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan