Pendaftaran Atlet Asian Games Tutup 30 Juni

JAKARTA– Sebanyak 19 ribu atlet dan ofisial hingga telah mendaftarkan diri untuk ikut Asian Games 2018. Jumlah tersebut berasal dari 45 negara peserta Asian Games dan termasuk dari Indonesia. Pendaftaran akan ditutup pada 30 Juni 2018.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir, pihaknya bersama Dewan Olimpiade Asia (OCA) tengah berupaya untuk membatasi jumlah partisipan.

Namun, itu tidak berlaku untuk Indonesia yang kali ini kebagian jatah menjadi penyelenggara. “Dikurangi sedapat mungkin hingga 15 ribu atlet dan ofisial,” kata Erick dalam pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan para pimpinan cabang olahraga di Jakarta.

Hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia, dan juga pihak terkait. “Kami juga terkejut ketika mengetahui ada 32 negara yang mendaftarkan diri untuk mengikuti cabang olahraga sepak bola. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia diminta agar acara pengundian di awal Juli bisa dimeriahkan sebagai bagaian dari promosi Asian Games,” kata Erick.

Di sisi lain, Komandan Kontingen (CdM) Indonesia Syafruddin mengatakan, seluruh atlet kini tengah menjalani program latihan di dalam dan luar negeri. Dari data yang dia pegang, 40 persen dari jumlah atlet yang dipersiapkan, ada di luar negeri.

“Jelang Asian Games, akan diadakan dikumpulkan di satu tempat untuk pemantapan. Tapi, itu pun mungkin hanya sekitar 80 persen dari jumlah atlet, karena 20 persen masih harus menjalani latihan di luar negeri hingga beberapa hari dimulainya Asian Games,” kata Syafruddin yang juga merupakan Wakil Kepala Polri. (bam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan