Pemkab Jalin Kerjasama Dengan Unpad

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama Universitas Padjajaran (Unpad) bekerjasama untuk mendukung dalam pelestarian budaya sunda.

Rektor Unpad Med Tri Hanggono Achmad mengatakan Unpad memang memiliki program untuk membangun budaya kesundaan di kawasan kampusnya. Sehingga, program ini cocok dengan program seribu kampung yang digagas Bupati Bandung.

“Kami ingin memulai memfokuskan dan memberikan prioritas terhadap potensi yang dimiliki oleh Unpad, juga potensi di kabupaten Bandung,” Jelas Med usai pembahasan agenda di rumah dinas Bupati di Soreang, kemarin (27/3).

Dia memaparkan, untuk melaksanakan program ini pihaknya sudah melakukan pemetaan, fokus terhadap program-program unggulan Pemkab, khususnya untuk pengembangan seribu kampung.

Program ini nantinya akan diperkuat oleh kapasitas akademis, yang bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan program seribu kampung dengan masuk melalui berbagai sektor di antaranya pendidikan, ekonomi, pertanian, perdagangan, sosial budaya juga parisiwata.

“Nanti mulai kita backup pemuatannya dengan menggunakan kapasitas ekonomi digital, yang sekarang sedang didorong penguatannya dengan beberapa pihak. Pengembangan ekonomi ini harus mampu menjaga keunggulan budaya asli kesundaan,’’ucap Med.

Menanggapi hal itu, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. Dengan mendorong seluruh Perangkat Daerah (PD) sesuai dengan bidangnya, Bupati optimis, pembangunan program Bandung seribu kampung bisa terwujud.

“Kita kuatkan di semua lini untuk mendukung program ini. Semua agenda pembangunan saya harap bisa terdukung melalui riset atau penelitian, supaya penerapannya tepat sasaran dan berhasil. Menjadi kebanggaan tersendiri, saat Kabupaten Bandung dipilih sebagai wilayah pembangunan Jawa Barat,” kata Dadang.

Tidak hanya dalam penguatan kapasitas SDM, dengan hadirnya Unpad dalam pembangunan kawasan budaya nanti diharapkan bisa terwujud, bagaimana mengemas tradisi dan budaya dengan modern untuk generasi milenial zaman sekarang. “SDM harus menunjang kinerja, dan hasilnya tidak akan biasa-biasa saja. Apalagi generasi sekarang hidup di era milenial, semua sudah berbasis teknologi,” terangnya.

Atas kerjasama tersebut, Dadang mengakui bahwa Pemkab Bandung sudah memiliki ikatan emosional dengan Unpad, khususnya dalam ha pembangunan. Maka Bupati berterima atas dedikasi dan kesediaan kiprah Unpad kepada Kabupaten Bandung, bahkan untuk pembangunan yang berkelanjutan. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan