Oded Lebih Memilih Ema Sumarna

BANDUNG – Masih berpolemiknya pengangkatan Sekretaris Daerah Kota Bandung Benny Bactiar, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku tidak akan mengangkat mantan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi tersebut.

Untuk masalah ini, Oded mengaku sudah berdiskusi dan berkonsultasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait penolakannya tersebut. Bahkan, penolakan ini sudah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Komunikasi dengan Pak Gubernur dan pihak Kemendagri sudah dilakukan tinggal menunggu keputusan saja,” kata Oded saat ditemui di Balai Kota Bandung, kemarin. (8/10).

Dia mengatakan, untuk usulan Sekda Oded lebih memilih Ema Sumarna sebagai Sekda. Bahkan, pada waktu Ridwan Kamil masih menjabat Wali Kota, Oded mengaku diberikan dua pilihan yaitu Ema Sumarna dan Benny Bachtiar.

“Karena waktu ngobrol sama Pak Emil yang ditawarin cuma Pak Benny sama Pak Ema Sumarna,” jelas Oded.

Kendati begitu, samapai saat ini pihaknya masih menunggu keputusan Kementrian Dalam Negeri terkait penggantian nama Sekda Kota Bandung dari Benny Bachtiar menjadi Ema Sumarna.

Sedangkan untuk, sikap dari Gubernur sendiri lanjut Oded sebetulnya harus ada solusi dan jalan keluarnya dan menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Kemendagri.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan menunggu arahan dari Kemendagri menyikapi polemik pelantikan Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung.

“Sesuai aturan saja, Pak Oded kan kirim surat-suratnya sedang di-forward ke Kemendagri, saya tunggu balasan Kemendagri. Jadi seorang gubernur itu perwakilan pusat di daerah. Karena ini keputusannya bukan di gubernur, dari Kemendagri. Maka saya tunggu keputusan Kemendagri,” kata pria yang akrab disamap Emil.

Dia mengatakan, pihaknya tidak memiliki kepentingan apapun dalam proses penunjukan Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung. Sehingga, masyarakat tidak boleh berspekulasi negatif.

“Jadi jangan berspekulasi macam-macam. Saya tidak ada kepentingan apa-apa. Yang saya junjung tinggi adalah peraturan, jadi saya tunggu surat balasan Kemendagri saja,”kata dia.

Sementara itu di temui di Gedung Sate, Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono mengungkapkan, pihaknya sudah meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial segera melantik Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung definitif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan