Obat Cacing Minimalisir Penderita Stunting

“Tidak hanya anak, bahkan orang dewasa juga tidak jarang asal jajan. Perlu diingat, cacingan itu berkaitan dengan higienitas juga. Dan kalau tidak diperhatikan, cacingan bisa menyebabkan anemia,” kata dia.

Sementara itu, tenaga kesehatan di tingkat puskesmas pun mengerahkan tim dalam proses pemberian obat cacing pada anak usia sekolah di wilayah masing-masing. Apalagi, karena tahun ini menjadi gerakan besar-besaran pembagian obat cacing pertama kali.

“Kami sudah bagikan ke sasaran sebanyak 13 ribu anak, 100 persen sudah terima dan konsumsi obat cacing. Kami berusaha bergerak dengan cepat,” kata Programmer Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Puskesmas Cijedil, Dewi Rika Mawar didampingi Penanggung Jawab Gizi Puskesmas Cijedil, Kankan Sofyan.

Berdasarkan data puskesmas, sejauh ini tidak ada laporan kasus cacingan. Sekalipun ada yang terjangkit, tapi tidak lantas mewabah. Menurut dia, tim medis berusaha preventif dan aktif mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat.(bay/yhi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan