Mobile JKN, Seperti Kantor BPJS Kesehatan Dalam Genggaman

CIMAHI – BPJS Kesehatan dalam pelaksanaannya terus berupaya mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa terus meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan meluncurkan aplikasi Mobile JKN beberapa waktu lalu di Jakarta. Terobosan dari BPJS Kesehatan ini merupakan hal yang tepat, mengingat saat ini segala sesuatu dapat dilakukan menggunakan teknologi sehingga mempermudah masyarakat dalam menerima informasi yang terpercaya khususnya terkait dengan pelayanan kesehatan.

Aplikasi Mobile JKN dapat membantu mengurangi antrian bagi masyarakat yang akan mendaftar menjadi peserta JKN-KIS di kantor-kantor BPJS Kesehatan. Hanya dengan mengunduh di appstore atau playstore, semua peserta JKN-KIS kini semakin dimudahkan karena tidak perlu lagi untuk datang dan mengantri ke kantor untuk melakukan pengurusan administrasi.

Salah satu peserta yang selalu menggunakan aplikasi ini adalah Silvia Dewi Lestari (21), wanita dari Cimahi ini berstatus peserta mandiri kelas III. Saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Silvia yang tadinya ingin mengubah lokasi fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggalnya mengaku puas karena terbantu dengan aplikasi Mobile JKN yang baru diinstal di ponselnya.

“Tujuan saya ke sini sebenarnya untuk mengganti fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal saya karena mempermudah apabila butuh berobat. Ternyata setelah diberi info oleh pegawai BPJS Kesehatan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, saya tidak perlu lagi mengantri lama di kantor hanya untuk mengubah fasilitas kesehatan yang saya pilih, karena bisa langsung diubah melalui aplikasi ini,” ujar Silvia sambil menunjukan KIS digital yang berhasil diinstal di handphonenya.

Ia mengaku, KIS digital membuat dirinya tak lagi khawatir jika kartu JKN-KIS miliknya tertinggal saat berobat ke fasilitas kesehatan. Tanpa harus membawa kartu fisik JKN-KIS, kini ia cukup menunjukkan KIS digital jika hendak memperoleh pelayanan kesehatan di sana.

“Mobile JKN ini sangat membantu dan benar-benar praktis. kita tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan pelayanan kesehatan. Kadang juga kita tidak ada persiapan dengan membawa semua identitas termasuk kartu JKN-KIS, tapi zaman sekarang ponsel adalah barang yang bisa dibilang selalu ada bersama kita. Jadi kalau tiba-tiba membutuhkan pelayanan, cukup menggunakan KIS digital dan ditunjukkan dari ponsel, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujar Silvia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan