Mesin Yamaha Dinilai Belum Memuaskan

VALENCIA – Duet pembalap Yamaha Factory Racing Maverick Vinales dan Valentino Rossi belum puas dengan kinerja mesin motornya, meski Vinales menjadi rider paling cepat di hari kedua tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Kamis (23/11).

Pada dua hari tes itu, Yamaha sengaja menjajal dua unit mesin berbeda yang rencananya bakal mereka gunakan musim depan. Namun, Rossi dan Vinales malah sama-sama menyebut belum menemukan perbedaan yang berarti dari dua jenis unit mesin tersebut.

Rossi merasa unit kedua yang digunakan pada Rabu lebih lemah dibanding unit pertama yang disematkan pada motornya di hari pertama. Pada hari pertama Rossi menduduki urutan ketiga. Sementara pada hari kedua pembalap asal Italia itu melorot ke urutan kesembilan. “Rasanya tidak ada perbedaan yang signifikan,” ucapnya dilansir Motorsport.

Rossi menyebut masalah ketahanan ban belakang juga masih menjadi isu di motor barunya ini. Di lap-lap awal dia sanggup menggeber motornya dengan maksimal. Namun, setelah beberapa lap kecepatan motornya perlahan menurun gara-gara performa ban belakang yang drop.

Hal senada diucapkan Vinales. Menurutnya, karakter mesin Yamaha yang terlalu agresif juga belum hilang di unit terbaru yang dia jajal kemarin. Pembalap Spanyol itu berharap hal tersebut segara mampu teratasi.

Apalagi, menurutnya masalah itu juga yang menjadi salah satu alasan utama Yamaha gagal mengeluarkan performa terbaik di balapan-balapan awal musim ini. “Saya tidak yakin untuk mengatakan mesin mana yang lebih baik. Sulit untuk membedakannya,” ucap Vinales dilansir Motorsport.

Minggu depan, sesi tes pra musim bakal berpindah ke Jerez. Baik Rossi dan Vinales menyebut di sana adalah waktu lebih tepat untuk menilai kinerja mesin Yamaha yang baru tersebut. “Di trek yang berbeda kami akan semakin paham karakter mesin ini. Lantas memutuskan mana yang lebih baik,” ucap Rossi.

Pada tes pra musim hari kedua pada rabu, Vinales melakukan tes dengan melibas 58 lap. Dia mendapatkan catatan waktu terbaiknya yakni 1 menit 30,757 detik. Pembalap Ducati Andrea Dovizioso berada di urutan kedua terpaut 0,133 detik. Sementara juara bertahan Marc Marquez berada di urutan ketiga. Pembalap Repsol Honda itu terpaut 0,154 detik dari Vinales.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan