Menjaring Peserta Didik Baru di Zaman Now

KEBANYAKAN sekolah swasta untuk menjadi pilihan calon peserta didik baru cukuplah sulit. Hal ini di pengaruhi oleh pola pikir masyarakat kita yang masih “negeri minded” semakin menyulitkan sekolah-sekolah swasta dalam menjaring peserta didik barunya. Banyak sekolah swasta yang menerima peserta didik adalah “buangan” dari sekolah negeri yang kelebihan kuota atau tidak lulus dalam uji saringan masuk. Dengan demikian, para calon siswa yang unggul dari sisi akademik akan diterima di sekolah negeri dan berkiprah disana. Padahal, setiap peserta didik mempunyai kemampuan dan kecerdasan secara unik. Tidak semua keberhasilan dalam kehidupan di hanya berdasar pada  kecerdasan akademik semata.

Cerita diatas merupakan gambaran kondisi persekolahan pada era 10 tahun ke belakang. Meski negeri minded masih melekat, saat ini peranan sekolah swasta juga sudah banyak diperhitungkan. Sudah banyak sekolah-sekolah swasta yang menutup pendaftaran di saat sekolah lain baru membuka pendaftaran.

Berbagai macam strategi promosi digulirkan oleh sekolah-sekolah swasta khususnya agar mendapatkan peserta didik baru. Gencarnya promosi dan juga sistem perekrutan yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua calon siswa di sekolah tersebut. Banyak dari sekolah swasta yang mengeluarkan program-program yang bagus guna menarik minat para calon siswa untuk bersekolah di sekolahnya.

Diantaranya strategi sekolah swasta yang banyak di gulirkan adalah dengan menyebarkan brosur, spanduk dan juga pamplet berisi keunggulan-keunggulan yang di punyai oleh sekolahnya. Selain itu, strategi dalam media sosial juga cukup ampuh dalam menjaring para calon siswanya. Media sosial menjadi model promosi yang cukup efektif, hal itu dikarenakan para calon peserta didik sekarang “zaman now” sangat aktif dalam media sosial. Tentu saja dengan hal ini, promosi yang dilakukan akan mudah terserap dan juga diketahui oleh para calon peserta didik tersebut.

Selain media sosial yang marak saat ini peranan website sekolah juga sangat penting. Informasi seputar program, kegiatan sekolah harus mampu di sampaikan secara baik ke khalayak umum. Update berita melalui website disampaikan secara berkala, hal ini mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap websitenya yang sekaligus juga sekolah. Pengelolaan website sekolah bagi sekolah swasta menjadi sangat penting dan krusial. Kehadiran tenaga profesional dan fokus mutlak diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan